Sukses

BERANI BERUBAH: Angkringan Penyelamat Seniman

Supriyadi, seorang seniman tari dan teater asal Klaten, Jawa Tengah membuat usaha angkringan bersama teman-teman seniman lainnya demi bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 telah mengakibatkan banyak orang sulit mendapatkan penghasilan. Apalagi bagi mereka yang bekerja di bidang seni. Salah satunya adalah Supriyadi, seorang seniman tari dan teater asal Klaten, Jawa Tengah. 

Pandemi membuatnya tak bisa berkarya di atas panggung. Demi bertahan, terpaksa barang berharga pun harus dijual. Akhirnya, demi bisa berpenghasilan stabil, Supriyadi pun Berani Berubah menjalankan usaha angkringan bersama teman-teman seniman lainnya. 

“Berangkat dengan adanya jeritan dan perasaan teman-teman seniman dalam situasi pandemi, kita membuat adanya sebuah inovasi,” ungkap Supriyadi kepada Tim Berani Berubah.

“Agar teman-teman punya kegiatan, tidak hanya sekedar berpangku tangan menyerah dalam situasi Covid, untuk itu kita ciptakan adanya sarana dan prasarana sekaligus, yaitu angkringan,” lanjutnya.

Supriyadi mengaku, angkringan ini dibuat berangkat dari curhatan antara teman satu dengan yang lainnya. Mereka bertekad, yang penting keluarga bisa makan. 

Namun, angkringan mereka pun unik dibanding dengan yang lainnya. Sebab tak hanya menyediakan makan dan minum, Supriyadi dan teman-teman juga menyuguhkan hiburan musik untuk pelanggannya. 

“Bahwasanya angkringan ini akan kita lanjutkan mungkin dalam bentuk yang lebih baik. Salah satunya contoh ada lesehan,” tutur dia.

“Kemudian ada live music-nya, tapi orientasi kami adalah nguri-nguri kabudayan tradisi (merawat kebudayaan tradisi),” sambung Supriyadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangga akan Usaha

Surpiyadi mengaku, cobaan pandemi justru membuatnya merasa bangga dan bersyukur. Sebab, dia ternyata bisa bangkit dari keterpurukan berkat usahanya.

“Di situ saya merasakan, bahwa di masa pandemi ini, angkringan kok bisa membuat saya bangkit dan merasa bangga,” ujar Supriyadi.

“Karena apa? Karena sewaktu ada angkringan, ekonomi saya ya sedikit, walapun, bisa terangkat, bisa buat ini itu dan lainnya,” dia mengakhiri. 

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini