Sukses

Sejauh Mana Progres Pengembangan Vaksin Merah Putih?

Vaksin Merah Putih ditargetkan menjalani uji klinis tahap 1 terhadap manusia pada awal Desember 2021

Liputan6.com, Jakarta - Kandidat vaksin Merah Putih yang dikembangkan Universitas Airlangga (Unair) ditargetkan menjalani uji klinis tahap 1 terhadap manusia pada awal Desember 2021. Dengan demikian, pada 2022 diharapkan vaksin ini sudah siap didistribusikan.

"Harapan kami awal Desember 2021 mulai uji klinik fase 1 dan juga bersamaan dengan fase 2 kemungkinan sampai Maret 2022," kata Ketua Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Unair Fedik Abdul Rantam dikutip dari Antara, Jumat (12/11/2021).

Setelah uji klinik fase 1 dan 2, dilanjutkan ke fase 3, dan pada Juli 2022 diharapkan vaksin Merah Putih tersebut sudah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) atau EUA dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Unair mengembangkan vaksin Merah Putih untuk COVID-19 dengan menggunakan platform inactivated virus atau berbasis virus yang dilemahkan atau dimatikan.

Fedik menuturkan bibit vaksin Merah Putih tersebut sudah melewati uji praklinik fase 1 dan 2, dan tidak melalui uji praklinik fase 3.

"Uji praklinik fase 2 sudah selesai, selanjutnya kami menyiapkan bibit vaksin untuk pilot scale," ujarnya.

Uji praklinik fase pertama menggunakan hewan mencit dan fase kedua menggunakan hewan makaka atau monyet. Saat ini sedang dilakukan penyiapan bibit vaksin untuk siap disuntikkan ke manusia untuk memulai uji klinik fase 1.

Unair telah menyerahkan bibit vaksin kepada PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia untuk disiapkan bagi pelaksanaan uji klinik vaksin tersebut. Untuk sementara, uji klinik dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Setelah berhasil melalui uji klinik fase 1, 2, dan 3, BPOM akan mengevaluasi hasilnya dan menentukan apakah vaksin tersebut mendapatkan izin penggunaan darurat atau tidak.

Jika sudah mendapatkan EUA dari BPOM, maka vaksin tersebut dapat diproduksi massal dan diberikan kepada masyarakat. Produksi massal vaksin itu akan dilakukan oleh PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Progres Pembuatan Vaksin Masih On Track

Sementara itu, Direktur Utama PT Biotis, FX Sudirman, mengatakan progres pembuatan Vaksin Merah Putih sejauh ini masih on track.

Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Dies Natalis ke-67 Universitas Airlangga bersamaan dengan penyerahan seed vaccine dari tim peneliti Unair kepada PT Biotis.

“Pembuatan seed vaccine sudah diselesaikan oleh tim Universitas Airlangga dengan hasil baik dan saat ini diterima oleh PT Biotis untuk diproses ke tahap selanjutnya.” kata FX Sudirman

Adapun tahapan selanjutnya, PT Biotis akan melakukan proses media fill upstream yang diharapkan akan selesai sebelum akhir tahun 2021.

Sebelumnya, kerja sama PT Biotis dan Unair berhasil menyelesaikan proses penelitian hingga uji praklinis Vaksin Merah Putih selama kurang dari satu tahun.

Dalam kesempatan yang sama, FX Sudirman juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah melalui BPOM yang telah memberikan dukungan melalui keterlibatan dalam mengawasi pengembangan vaksin di Indonesia, khususnya untuk PT Biotis. Ia juga terus mengajak stakeholders maupun masyarakat untuk terus memberikan dukungan kepada tim peneliti Vaksin Merah Putih.

“Vaksin Merah Putih adalah vaksin resmi pertama buatan Indonesia, kami berharap dukungan dari seluruh stakeholders dan masyarakat agar Indonesia bisa segera merdeka dan terlepas dari ketergantungan impor vaksin,”ujar Sudirman.

PT Biotis Pharmaceutical Indonesia sendiri merupakan perusahaan swasta nasional yang ditunjuk pemerintah untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, dan mengkomersilkan vaksin dalam negeri yang aman dan berkualitas tinggi. PT Biotis siap membantu pemerintah dalam menyukseskan program vaksin yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.