Sukses

Jadi Tuan Rumah Regional Conference in Industrial Development, Menperin Bawa 4 Tema Besar

2nd RCID akan digelar 10-11 November 2021 dengan mendatangkan beberapa perwakilan pejabat negara dan pelaku industri di Asia Pasifik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali mengadakan Regional Conference in Industrial Development (RCID) di Indonesia. Pada kali kedua ini, Kemenperin akan membahas empat tema besar dengan negara-negara perwakilan anggota United Nation Industrial Development Organization (UNIDO).

Menteri perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan 2nd RCID ini akan dilakukan pada 10-11 November 2021 mendatang dengan mendatangkan beberapa perwakilan pejabat negara dan pelaku industri.

Menperin Agus menyebut, ada empat tema besar yang akan dibahas dalam forum regional Asia-Pasifik tersebut. Yakni, peningkatan partisipasi industri kecil dan menengah pada rantai pasok global. Kedua, penguatan sumber daya manusia terutama sektor industri.

“Ketiga, strategi transisi industri menuju industri hijau dan ekonomi sirkular, dan keempat optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan. Ini termasuk pada downstream atau hilirisasi yang berkelanjutan,” paparnya dalam Konferensi Pers The 2nd RCID, Senin (8/11/2021).

Ia menambahkan dengan empat tema yang dibahas tersebut dalam forum ini, diharapkan mampu sebagai ajang promosi kerja sama lebih lanjut dalam menghadapi tantangan dunia industri kedepannya. Selain itu juga sebagai untuk mengambil peluang yang ada dalam industri 4.0.

“Pentingnya juga menciptakan a fair level playing field dan knowledge sharing, dari negara yang lebih maju yang ekonomi dan teknologinya yang lebih maju,” kata dia.

Ia juga menyebutkan gelaran ini jadi salah satu upaya bagi pemerintah indonesia dalam membina kerja sama di Asia Pasifik untuk memanfaatkan implementasi industri 4.0 untuk industri yang inklusif dan berkelanjutan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konferensi Tingkat Menteri

Lebih lanjut, Menperin Agus mengatakan bahwa gelaran ini adalah konferensi tingkat menteri dari anggota UNIDO di kawasan Asia-Pasifik. UNIDO sendiri, kata dia, adalah organisasi yang langsung berada di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa yang membidangi tentang perindustrian.

“Yang saat ini (RCID) beranggotakan 28 negara, merupakan forum regional untuk membahas isu-isu pembangunan industri,” katanya.

“RCID bisa berhasil dalam dua aspek, yaitu penyelenggaraan dan juga aspek substansi materi yang akan dibahas secara bersama-sama. Kemenperin bersama UNIDO selenggarakan konferensi regional tentang pengembangan industri, RCID ini sudah kedua, dan kali ini kita akan ambil tema, akselerasi industri 4.0 untuk industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan,” papar Menperin Agus.

Informasi, per 1 april 2019, anggota UNIDO secara keseluruhan telah mencapai 170 negara, Menperin Agus menyebut, misi UNIDO adalah untuk mempromosikan dan mendorong pembangunan industri yang merata dan berkelanjutan di negara-negara anggotanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.