Sukses

Turnamen Sains Data Nasional 2021 Telurkan Talenta Unggul Bidang Teknologi

Teknologi sebagai salah satu prioritas agar mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian acara Turnamen Sains Data Nasional 2021, yang diselenggarakan oleh Data Academy, Jakarta Open Data, Jabar Open Data dan Jabar Digital Service, diakhiri dengan puncak acara pengumuman pemenang yang diperkaya dengan sharing session dari para pakar yang berasal dari industri, perguruan tinggi dan pemerintah.  

Pada saat yang sama sebagai rangkaian acara, PT Cybertrends Intrabuana juga menyelenggarakan Cybertrend Data Summit 2021 yang mengusung tema Winning Back 2022 Through Leveraging Data Science & AI.

Dengan menerapkan konsep virtual experience, para pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai konten dan patner yang terdapat di dalam acara tersebut. Pembicara dari Kementerian Kesehatan, PT Finnet Indonesia, PT Paragon Technology, Tokopedia dan Indosat, memberi wawasan perkembangan serta pengalaman penerapan data science dan AI. Para praktisi tersebut telah menjadikan teknologi sebagai salah satu prioritas agar mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

CEO Data Academy Luthfy Ardiansyah mengatakan momen Sumpah Pemuda pada 28 Oktober lalu menjadi energi positif dalam mengarungi arus besar perubahan zaman ini dan ke depan. Penguasaan dan penerapan teknologi mutakhir menjadi salah satu faktor penting menghadapai segala tantangan tersebut.  

Dengan latar belakang inilah Data Academy bersama Jakarta Open Data, Jabar Open Data dan Jabar Digital Service mengadakan Turnamen Sains Data Nasional 2021. Melalui ajang ini kami mencari bibit bibit unggul dalam bidang Data Science yang digelar 8 September 2021 hingga 28 Oktober 2021.

"Kami tidak menyangka antusias peserta dan pendukung acara yg cukup besar yang menjadikan event peringatan Sumpah Pemuda ini sangat meriah, terutama pada tingkat pelajar yang juga mendapatkan dukungan dari guru dan sekolah. Dengan semangat ini kami mengajak para pihak lebih luas di tingkat pemerintah provinsi dan industri untuk terlibat pada TSDN 22," ujar Luthfy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (8/11/2021). 

Acara ini mendapat sambutan yang meriah dan diikuti oleh 800 group atau 3.000 lebih perserta mulai dari kalangan umum, mahasiswa, hingga pelajar sekolah menengah yang tertarik dalam bidang data science dan data AI. Penutupan Turnamen Sains Data Nasional 2021 diselenggarakan secara daring berjalan dengan lancar dan sukses.

Pada sesi pertama ini, pengumuman pemenang untuk kategori Pelajar SMA/SMK Sederajat yang dimenangkan oleh Tim Gajah Mendo dari SMAN 1 Purwokerto sebagai pemenang pertama, tim Isoebi dari SMAN 1 Purwokerto sebagai pemenang kedua dan  Qazac Legacy dari SMKN 26 Jakarta sebagai pemenang ketiga pada Turnamen Data Sains Nasional 2021.

Dalam penilaian sekunder  SMA Taruna Bakti Bandung sebagai pemenang visual terbaik, SMKN 4 Bandung sebagai pemenang dalam kategori presentasi terbaik, SMKN 1 Bogor pemenang terapan teknik terbaik, SMA Citra Kasih Jakarta sebagai pemenang kerjasama tim terbaik pada Turnamen Sains Data Nasional 2021.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kategori Mahasiswa dan Umum

Untuk kategori Mahasiswa, Tim Unicorn dari Universitas Indonesia sebagai pemenang pertama, Le Minerale dari Universitas Indonesia sebagai pemenang kedua, dan tim PTSD dari Institute Teknologi Bandung sebagai pemenang ketiga. Dalam penilaian sekunder pemenang visualisasi terbaik diraih oleh Institut Teknologi Bandung, Pemenang Presentasi Terbaik diraih oleh Universitas Airlangga Surabaya.

Universitas Telkom Bandung berhasil menjadi pemenang pada kategori terapan teknik terbaik, pemenang kerjasama tim terbaik diraih oleh Universitas Padjajaran Bandung, dan untuk pemenang favorit pilihan pemirsa dimenangkan oleh PTSD Team dari Institute Teknologi Bandung.

Sedangkan untuk kategori Umum, dimenangkan oleh Tim Avektive dari Bandung sebagai pemenang pertama, tim HARUNPALEPALE sebagai pemenang kedua, dan Tim AFIB sebagai pemenang ketiga pada Turnamen Data Sains Nasional 2021. Dalam penilaian sekunder pemenang data modeling terbaik diraih oleh Axgeo, pemenang presentasi terbaik diraih oleh Rang Team, pemenang terapan insight terbaik diraih oleh Data Rising, pemenang kerjasama tim terbaik diraih oleh Treasury Data Lab, dan untuk pemenang tim favorit untuk kategori umum dimenangkan oleh tim Data Rising

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang sudah mengikuti Turnamen Sains Data Nasional 2021 dan selamat kepada pemenang turnamen ini. Semua adalah pemenang dan semoga ajang ini menjadi batu loncatan untuk kalian dalam mengembangkan data sains dan turut berkontribusi dalam memajukan Indonesia di masa mendatang” ujar Riris perwakilan dari Shopee Indonesia.  

Rangkaian acara penutupan Turnamen Data Sains Nasional 2021 ini juga diisi dengan sharing session oleh Shopee Internasional dan ESQ business school yang memberikan pandangan bagaimana kehidupan dan karier sebagai seorang data scientist. ESQ Bussiness School juga memberikan kesempatan kepada pemenang kategori pelajar memperoleh beasiswa. Sehingga total hadiah Turnamen  Sains Data Nasional 2021 ini menjadi lebih dari Rp 1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.