Sukses

5 Bansos Masih Cair hingga November 2021

Lantas apa sajakah bantuan sosial atau bansos dari Pemerintah yang masih disalurkan hingga November 2021 ini?

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah banyak menyalurkan bantuan sosial atau bansos selama masa pandemi Covid-19. Hingga September 2021 ini setidaknya masih ada lima bantuan yang akan diberikan. Bahkan menurut informasi, bansos ada yang diperpanjang hingga akhir tahun 2021.

Bantuan sosial yang diberikan Pemerintah di antaranya ada yang disalurkan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), dan beberapa program Pemerintah lainnya.

Di dalamnya terdapat bantuan sosial berupa BLT, sembako, hingga kuota internet. Akan tetapi, bantuan tersebut hanya diperuntukkan bagi para pekerja, pelajar, hingga masyarakat yang memenuhi syarat.

Lantas apa sajakah bantuan sosial Pemerintah yang masih disalurkan hingga November 2021 ini?. Berikut rangkumannya dari Liputan6.com, Rabu (3/11/2021).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Sosial yang Masih Berlangsung

1. Diskon Stimulus Listrik

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @pln123_official, diskon stimulus listrik masih diperpanjang hingga akhir tahun 2021.

Diskon yang diberikan ada beragam. Khusus untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA diberikan diskon 50 persen. Sementara untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA diberikan diskon hingga 25 persen.

Adapun untuk pelanggan bisnis dan industri dengan daya 450 VA ada pembebasan biaya beban atau abodemen sebesar 50 persen.

Untuk mengeceknya, masyarakat bisa mengakses aplikasi PLN Mobile atau melalui website resmi PLN.

2. Kartu Sembako

Bukan hanya diskon listrik, Pemerintah juga memiliki program Kartu Sembako. Bansos ini senilai Rp 300 ribu yang masih akan disalurkan ke 35 kabupaten di Indonesia.

Sebagai informasi, penyaluran bansos sembako ini bertujuan untuk mencegah kemiskinan ekstrem masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Masyarakat bisa mengecek penerimaan bantuan ini melalui website resmi Kemensos dengan link https://cekbansos.kemensos.go.id/.

3. Bantuan Kuota Internet

Ada pula bantuan untuk para pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik, hingga dosen yang diberikan oleh Pemerintah melalui Kemendikbud. Bantuan tersebur berupa kuota internet.

Bantuan kuota internet untuk belajar ini biasanya dibagikan setiap tanggal 11 sampai 15 setiap bulannya. Namun, penyalurannya kemungkinan hanya sampai bulan November 2021 ini.

Adapun rincian bantuan kuota internet yang didapat oleh penerima antara lain.

- Siswa PAUD : 7 GB/bulan

- Siswa SD, SMP, SMA : 10 GB/bulan

- Pendidik PAUD, SD, SMP, SMA : 12 GB/bulan

- Mahasiswa dan Dosen : 15 GB/bulan

Untuk mengeceknya, penerima bisa membuka aplikasi dari provider kartu yang digunakan, seperti MyTelkomsel, Bima+, atau myIM3.

 

3 dari 3 halaman

Bantuan Lainnya

4. BLT UMKM

Para UMKM juga bisa mendapat bantuan dari Pemerintah. Melalui Kemenkop UKM, Pemerintah menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp 1,2 juta. Bahkan pencairannya masih bisa dilakukan hingga Desember 2021.

Penyaluran BPUM ini dilakukan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI) dan diberikan kepada para pelaku usaha mikro yang terdaftar. Untuk mengeceknya, masyarakat bisa mengakses https://banpresbpum.id/.

5. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Terakhir, ada pula bantuan untuk para pekerja atau buruh yang memenuhi syarat dari Kemenaker. Nantinya pekreja atau buruh tersebut akan mendapatkan bantuan senilai Rp 1 juta yang disalurkan melalui rekening Bank Himbara.

Untuk mengeceknya, pekerja atau buruh bisa mengakes laman kemnaker.go.id.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini