Sukses

BKN Ungkap Makassar Rawan Kecurangan Seleksi CPNS, Sejak Manual hingga Berbasis Teknologi

Selain menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk pra analitik proses seleksi CPNS, BKN juga melakukan face recordnation usai seleksi.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan bahwa Makassar menjadi wilayah yang paling rawan kecurangan dalam pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK Non Guru. Kecurangan terjadi sejak dulu saat seleksi manual hingga sekarang yang sudah berbasis teknologi.

"Tapi bicara dari pengalaman saat ini, baik dari fisik atau dari sebelumnya, Makassar ini paling rawan karena dulu belum online," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, (2/11/2021).

Suharmen bercerita, saat proses seleksi masih dilakukan secara manual, pernah ditemukan praktik perjokian. Para pelaku yang ketahuan pun lantas ditangkap dan diamankan kepada pihak kepolisian.

Ketika seleksi dilakukan secara online pun tak lantas menutup praktik perjokian. Saat pendaftaran seleksi peserta yang hadir merupakan peserta tes CPNS aslinya. Namun saat ujian dimulai, orang yang mengerjakan soal bukanlah peserta.

"Pernah terjadi yang mendaftar ini peserta, tapi yang masuk ruang tempat ujian orang yang berbeda," kata dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terobosan

Untuk itu, BKN melakukan terobosan inovasi dengan teknologi perekaman wajah (face recordnation) sejak pendaftaran, hingga pelaksanaan ujian. Kamera yang ada di komputer digunakan untuk memastikan peserta mengerjakan sendiri soal-soal ujian.

"Makanya di PC yang digunakan web kameranya aktif, kalau tidak aktif, ini tidak bisa digunakan seleksi," kata Suharmen.

Selain menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk pra analitik proses seleksi, pihaknya juga melakukan face recordnation usai seleksi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko tindak kecurangan yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Ini langkah antisipasi yang kami lakukan untuk menghindari perjokian," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BKN atau Badan Kepegawaian Negara adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki tugas memanajen kepegawaian negara.

    BKN

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • Tes SKB adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang yang termasuk ke dalam rangkaian seleksi CPNS.

    skb cpns

  • CPNS 2021 adalah Calon Pegawai Negeri Sipil 2021.

    CPNS 2021

  • PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

    PPPK

  • Setelah lolos tahapan administrasi, para peserta CPNS dihadapkan tes kompetensi sebagai syarat kelulusan.
    Setelah lolos tahapan administrasi, para peserta CPNS dihadapkan tes kompetensi sebagai syarat kelulusan.

    Tes CPNS