Sukses

Bocoran Materi SKB CPNS 2021 di Instansi Daerah, Buruan Catat

BKN memberikan bocoran seputar referensi materi ujian Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS 2021 bagi para pelamar di instansi daerah

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan bocoran seputar referensi materi ujian Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS 2021 bagi para pelamar di instansi daerah.

Ujian SKB CPNS sendiri akan dimulai pada pertengahan November mendatang. Pelaksanaan tes akan dibagi dalam dua tahap, dimana Tahap I berlangsung pada 15-28 November 2021, kemudian Tahap II digelar pada 27 November-18 Desember 2021.

Sama seperti di pusat, penyelenggaraan tes SKB CPNS di pemerintah daerah juga bakal menggunakan skema berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Secara materi, BKN mengarahkan peserta ujian SKB pada jabatan fungsional di instansi daerah untuk banyak membaca sejumlah kebijakan pemerintah terkait formasi yang diambil.

"Jika kamu pelamar Jabatan Fungsional, selain menguasai kompetensi bidangmu, kamu dapat menjadikan Peraturan Instansi, Peraturan KemenPANRB, dan Peraturan BKN terkait jabatan tsb sebagai referensi materi," tulis BKN dalam sebuah siaran video, dikutip Sabtu (30/10/2021).

Sementara untuk jabatan pelaksana di instansi daerah, pelamar diminta menguasai kompetensi bidang formasi yang diambil. Selain itu, pelamar juga dapat menjadikan peraturan terkait materi jabatan fungsional yang serumpun dengan jabatan pelaksana yang dilamar.

"Contoh: Pelamar Jabatan Pelaksana Pemeriksa Anggaran masih berkategori serumpun dengan Jabatan Fungsional di bidang anggaran, salah satunya Analis Anggaran," imbuh BKN.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta SKB CPNS 2021 Persiapkan Diri, Kemungkinan Tak Ada Ujian Susulan

Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis jadwal lanjutan seleksi CPNS dan PPPK Non-Guru 2021, mulai dari SKD hingga Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

Usai Tes hasil SKD diumumkan, salah satu tahapan yang harus dihadapi para pelamar adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Mohammad Ridwan meminta peserta yang lolos tes SKD CPNS benar-benar mempersiapkan diri. Sebab tes ini kemungkinan tidak diadakan jadwal susulan seperti saat tes SKD.

“Kepala BKN telah menerbitkan surat ttg jadwal lanjutan seleksi CASN. Berikut tgl2 penting: Pengumuman Hasil SKD/SelKom P3K NG: 29-30 Okt (Tahap I); 13-14 Nov (Tahap II) Pelaksanaan SKB: 15 Nov-18 Des. Teman2 sehat2 ya, kemungkinan tidak ada jadwal susulan,” demikian cuitan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Mohammad Ridwan di akun Twitter @abiridwan2173, Selasa (26/10/2021).

Sementara itu, menurut jadwal lanjutan seleksi CASN yang telah diterbitkan oleh BKN, pengumuman pelaksanaan SKB dijadwalkan pada 7 November 2021 mendatang.

Sebagai informasi, pada 19 hingga 21 Oktober 2021 sudah berlangsung pengolahan nilai SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru untuk tahap I. Kemudian lanjut untuk rekonsiliasi hasil SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru pada 22 hingga 23 Oktober 2021.

Adapun sejak 22 hingga 25 Oktober 2021, itu merupakan waktu validasi dari nilai SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru. Hingga pada 26 sampai 27 Oktober 2021 ini adalah waktu untuk penyampaian hasil SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • CPNS 2021 adalah Calon Pegawai Negeri Sipil 2021.

    CPNS 2021

  • Tes SKB adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang yang termasuk ke dalam rangkaian seleksi CPNS.

    skb cpns

  • Tes SKB adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang yang termasuk ke dalam rangkaian seleksi CPNS.

    SKB CPNS 2021

  • BKN atau Badan Kepegawaian Negara adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki tugas memanajen kepegawaian negara.

    BKN