Sukses

Harga Emas Anjlok 1,5 Persen, Tertekan Penguatan Dolar AS

Harga emas turun sebanyak 1,5 persen pada hari Selasa

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun sebanyak 1,5 persen pada hari Selasa, menghentikan kenaikan lima sesi berturut-turut. Hal ini terjadi karena dolar AS menguat dan pendapatan perusahaan yang kuat mendorong selera untuk aset berisiko.

Dikutip dari CNBC, Rabu (27/10/2021), harga emas di pasar spot turun 0,9 persen pada USD 1.790,54 per ons pada 13:46. EDT. Harga emas berjangka AS untuk pengiriman Desember turun 0,7 persen menjadi USD 1.793,40 per ounce.

"Pergerakan ekuitas yang lebih kuat dari perkiraan, dengan banyak pendapatan, mengambil sedikit emas pagi ini," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Hasil yang kuat dari perusahaan terkait teknologi mendorong indeks acuan S&P 500 ke rekor tertinggi selama sesi, menghilangkan kilau emas safe-haven.

Juga meredupkan daya tarik emas batangan bagi investor yang memegang mata uang lainnya, indeks dolar naik 0,1 persen.

Haberkorn mengatakan beberapa pedagang emas dapat membukukan keuntungan dari pergerakan naik baru-baru ini, "dengan ekuitas sekuat mereka."

Harga emas telah reli sekitar 2,5 persen selama lima sesi terakhir, didukung oleh kekhawatiran atas inflasi dan ketidakpastian atas langkah-langkah apa yang akan diambil bank sentral untuk memerangi kenaikan harga.

Analis mengatakan emas tidak mungkin menyimpang terlalu jauh dari level teknis utama USD 1.800 per ounce, mengingat fokus pada inflasi. Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang lebih tinggi yang umumnya mengikuti pencetakan uang secara luas oleh bank sentral.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Pasar

Fokus minggu ini adalah pada pertemuan bank sentral utama, termasuk pertemuan Bank of Japan dan Bank Sentral Eropa yang dijadwalkan pada hari Kamis.

Pertemuan kebijakan Federal Reserve AS dijadwalkan untuk minggu depan.

Di sisi teknis, pergerakan di bawah USD 1.780 akan "terlihat sangat buruk untuk emas, yang telah dalam tren naik sepanjang bulan," kata analis OANDA Craig Erlam dalam sebuah catatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.