Sukses

Penasihat Keuangan Bagikan Tips Jadi Jutawan

Penasihat Keuangan April Stewart berhasil menjadi jutawan di usia 30-an. Ia mengubah gaji enam digit miliknya menjadi kekayaan bersih senilai Rp 14,1 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Penasihat Keuangan April Stewart berhasil menjadi jutawan di usia 30-an. Ia mengubah gaji enam digit miliknya menjadi kekayaan bersih senilai USD 1 juta (Rp 14,1 miliar).

Diketahui Stewart tidak berfokus fokus pada bidang real estate, saham, atau kewirausahaan untuk mencapai statusnya tersebut.

Melansir dari Black Enterprise, Senin (25/10/2021), ia mengubah hubungannya dengan uang dan membangun sistem keuangan yang lebih baik.

Saat ini, Stewart membagikan pengetahuannya kepada orang lain terkait cara menjadi jutawan secara mandiri (self-made millionaire) dengan pendapatan pribadi.

“Setiap wanita berhak membangun kekayaan. Begitu saya mendapatkan pengetahuan tentang apa yang saya lakukan dengan uang, saya dapat mengubah hubungan saya dengannya.

Melalui pendekatan yang tepat, seperti penganggaran, penghapusan utang, tabungan, dan investasi, saya menjadi jutawan mandiri di usia 30-an,” tulis Stewart di akun Instagram miliknya.

Stewart tidak selalu mengerti tentang uang. Ia tidak pernah diajari mengenai pengelolaan keuangan.

Meskipun memiliki pendapatan enam digit, awalnya, Stewart tidak mengerti bagaimana cara membangun kekayaan.

"Tidak ada yang benar-benar berpikir bahwa kita memiliki potensi untuk menjadi jutawan. Terkadang, ada orang yang memiliki uang, pekerjaan bagus, dan mengumpulkan sesuatu, tetapi sering kali harus mengeluarkan uang untuk membantu anggota keluarganya. Hal tersebut bisa menarik mereka dari potensi untuk membangun kekayaan,” jelas Stewart.

Akhirnya, Stewart memutuskan mulai mempelajari keuangan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari, ia berhasil mengumpulkan USD 1 juta (Rp 14,1 miliar).

Sebelumnya, ia tidak memiliki rencana untuk menjadi seorang jutawan. Menurutnya, hal ini terjadi karena hasil dari tindakan cerdas dalam mengatur keuangan dari waktu ke waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menjadi Jutawan

Langkah pertama yang Stewart lakukan adalah mengedukasi dirinya sendiri mengenai keuangan. Ia banyak membaca buku tentang keuangan, serta mengikuti wawancara dan acara televisi.

Tiga buku yang mengubah perspektifnya adalah I Will Teach You To Be Rich dari Ramit Sethi⁠, Everyday Millionaires dari Chris Hogan⁠, dan Unshakeable⁠ dari Tony Robbins.

Stewart berjanji untuk mengendalikan keuangannya dengan membuat anggaran. Ia mencatat setiap pendapatan dan pengeluarannya. Angka-angka tersebut memungkinkan Stewart untuk untuk mengelola arus kas dengan cara yang selaras dengan gaya hidupnya.

Lalu, penyelesaian utang juga merupakan langkah penting menuju kebebasan finansial. Pada 2008, ia berhasil melunasi utang pribadi senilai lebih dari USD 25 ribu (Rp 353,9 juta).

Setelah itu, Stewart merelokasi uangnya dengan berinvestasi di pasar saham. Manfaat dari bunga majemuk pun ia dapatkan.

“Saya adalah investor jangka panjang yang tidak mencoba untuk mengalahkan pasar. Saya menerapkan strategi investasi yang solid dan mempertahankan investasi untuk jangka panjang.”

Untuk menjadi jutawan tidak bisa dilalui dalam waktu singkat. Terkadang, sulit rasanya untuk dilakukan seorang diri.

“Kita semua harus mengambil keputusan. Saya memutuskan untuk tetap konsisten dan berkomitmen untuk belajar dan berkembang,” ujar Stewart.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.