Sukses

Perluasan Penyaluran Gas Bumi di Jabar Bakal Tingkatkan Investasi

Total jumlah pelanggan PGN di Jawa Barat sekitar 78.536 pelanggan dengan volume penggunaan gas diantara 246 BBTUD.

Liputan6.com, Jakarta - Subholding Gas Pertamina memperluas penyaluran gas bumi di Jawa Barat, dengan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Keberadaan energi bersih ini akan meningkatkan investasi di wilayah tersebut.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan, Subholding Gas Pertamina yang dikomandoi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan mengoptimalkan aset yang ada dan mengembangkan pemanfaatannya, agar semakin banyak masyarakat merasakan manfaat gas bumi dan meningkatkan investasi.

“Pengembangan pemanfaatan gas bumi juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan investasi dan pendapatan daerah Jawa Barat,” kata Faris, di Jakarta, Sabtu (23/10/2021).

Jawa Barat merupakan salah satu kontributor niaga gas paling besar bagi Subholding Gas Pertamina, serta terdapat jaringan distribusi gas bumi yang terhubung dengan jaringan transmisi Sumatera Selatan.

Pelanggan PGN di Jawa Barat berada di wilayah Depok, Bogor, Bekasi, Karawang dan Cirebon. Total jumlah pelanggan PGN di Jawa Barat sekitar 78.536 pelanggan dengan volume penggunaan gas diantara 246 BBTUD.

Untuk memperluas penyaluran gas di Jawa Barat Subholding Gas Pertamina akan menggandeng peran lokal dalam pemanfaatan energi bersih salah satunya melalui BUMD dalam pemanfaatan gas bumi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemanfaatan Gas Bumi

Untuk itu, Subholding Gas Pertamina bekerjasama dengan PT Migas Hulu Jabar (Perseroda) (MUJ) yang merupakan BUMD milik Jawa Barat yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas bumi mengenai pemanfaatan gas bumi untuk kawasan perumahan, komersial, dan industri.

Untuk menunjang kerjasama tersebut dilakukan penandatanganan Pokok-Pokok Perjanjian (Heads of Agreement) yang meliputi perencanaan, pembangunan, pengelolaan, dan pengembangan bersama atas penyediaan infrastruktur gas bumi beserta turunannya, seperti CNG dan LNG untuk kebutuhan gas bumi di perumahan, komersial, dan industri di wilayah Jawa Barat.

PGN dan MUJ bekerjasama untuk dapat membantu dalam memperluas distribusi gas bumi sehingga pelanggan akan bertambah di wilayah lain melalui integrasi infrastruktur milik PGN dengan MUJ.

Selain itu, juga akan melakukan pengembangan bersama atas penyediaan pembangkit listrik berbahan bakar gas bumi serta konversi kendaraan operasional di Jawa Barat menjadi berbahan bakar gas (BBG).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • gas