Sukses

Pentingnya QRIS untuk Transaksi Bisnis yang Lebih Mudah dan Praktis

Dengan QR Code berlogo QRIS, pembayaran apapun bisa menggunakan DANA.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi membuat sebagian orang mencoba untuk menjajaki usaha. Mulai dari kuliner, produk makeup, sampai produk lainnya. Apalagi kini dengan kemudahan teknologi saat ini membuat kemudahan bertransaksi. Seperti halnya penerapan QRIS pada sistem transaksi pembayaran. 

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah pembayaran berbasis QR Code dalam rangka mendukung Blueprint Sistem Pembayaran 2025 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI).

Sistem pembayaran ini mempermudah pelanggan untuk bertransaksi, mulai dari belanja sampai membayar makanan. Lantas apa bedanya dengan QR Code?

QRIS dan kode QR sebenarnya menggunakan pola titik hitam yang sama. Pelanggan bisa membayar melalui fitur pindai dari smartphone. Namun, Bedanya 1 QRIS bisa digunakan oleh semua layanan aplikasi pembayaran, sementara 1 kode QR hanya digunakan untuk layanan pembayaran tertentu.

Bagi pelaku bisnis, penggunaan QRIS tentu memberikan dampak positif. Sistem itu memberikan transaksi menjadi lebih mudah, praktis, dan aman. Apalagi kini, pembayaran non tunai makin diminati oleh masyarakat, khususnya GenZ atau generasi milenial. 

Salah satu aplikasi pembayaran yang menerapkan sistem QRIS adalah DANA. Dengan QR Code berlogo QRIS, pembayaran apapun bisa menggunakan DANA. Kini, DANA mengimplementasikan QRIS 100 persen di semua merchant layanan dompet digital di seluruh Indonesia.

Untuk menggunakannya, para pelanggan cukup buka aplikasi Dompet Digital DANA melalui smartphone, lalu pindai atau scan QRIS yang tersedia di merchant. Selanjutnya mereka tinggal pilih sumber dana untuk pembayaran. 

Kemudahan juga bisa dirasakan oleh pemilik usaha. Sebelumnya, mungkin pemilik usaha hanya bisa menerima pembayaran dengan aplikasi tertentu. Terpaksa, harus mengganti dengan aplikasi lainnya. Ribet kan? Apalagi hal itu kerap membuat pengeluaran tak tercatat dengan semestinya. Berbeda dengan penggunaan QRIS, semua transaksi tercatat rapi di DANA.

Kalau sudah begitu, membangun usaha kini lebih mudah karena penggunaan QRIS. Enggak ada lagi drama - drama saat ingin melakukan transaksi. Selain itu, bisnis kamu jadi lebih mudah dan praktis untuk transaksi. Anda dan pelanggan bisa bebas drama dengan menggunakan DANA.  Yuk, daftar DANA Bisnis sekarang!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.