Rosan Roeslani Ingatkan Peran Dunia Usaha Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi

Oleh Liputan6.com pada 20 Okt 2021, 12:40 WIB
Diperbarui 20 Okt 2021, 12:40 WIB
Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Rosan P Roeslani.
Perbesar
Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Rosan P Roeslani. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani mengingatkan jika kunci pemulihan ekonomi adalah peran dunia usaha. Sebab, dunia usaha memiliki peran mayoritas dalam GDP Indonesia.

Tantangan Kadin Indonesia pun ke depan dinilai tidaklah mudah. Apalagi hingga kini penyebaran Virus Corona masih terjadi meskipun sudah landai.

"Dalam 5 tahun ke depan tantangan yang sangat berat. Alangkah sangat disayangkan jika kita tidak memberikan dedikasi dan kontribusi kita. Karena Kadin adalah payung dari semua asosiasi, organisasi, himpunan dan seluruh dunia usaha," kata Rosan dalam pelantikan pengurus Kadin 2021-2026, Jakarta, Rabu (20/10/2021).

Rosan menyebutkan jika swasta memberikan kontribusi 60 persen dari GDP Indonesia. Kemudian diikuti 30 persen BUMN dan sisanya baru anggaran pemerintah.

Dari sini, dia mengingatkan jika apabila ingin perekonomian nasional sehat dan tumbuh kuncinya di dunia usaha.

Dia menambahkan, Kadin harus memberikan masukan atas kebijakan strategis agar seluruh komponen perekonomian bisa bergerak dengan cepat. Sehingga pemulihan ekonomi bisa segera terjadi.

"Kadin bisa memberikan peran yang sangat penting dan vital dalam rangka menjadi motor penggerak perekonomian Indonesia. Kita bisa memberikan masukan atas kebijakan kepada pemerintah. Kadin adalah rumah bagi kita semua," tandasnya.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Logo Kadin. Kadin.id
Perbesar
Logo Kadin. Kadin.id

Pengurus Kadin Indonesia Resmi Dilantik

Sejumlah pengurus Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia resmi dilantik. Pengurus masa bakti 2021-2026 yang dikepalai Arsjad Rasjid ini berjumlah total 1.401 orang yang tersebar di daerah-daerah.

Pelantikan ini digelar berlandaskan pada hasil Musyawarah Nasional VIII Kadin Indonesia tahun 2021.

“Bersama ini kami sampaikan bahwa Tim Formatur Kepengurusan Kadin Indonesia telah menyelesaikan tugasnya untuk menyusun kepengurusan Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan, Dewan Usaha, Dewan Kehormatan dan Dewan pengurus Kadin Indonesia untuk Masa Bakti 2021-2026,” tulis surat resmi Kadin Indonesia, dikutip Rabu (20/10/2021).

Pelantikan sejumlah wakil ketua umum serta kepala badan dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, bertempat di East Java Ballroom, Hotel The Westin Jakarta.

“Pada Hari ini Rabu 20 oktober 2021, kami atas nama dewan pengurus Kadin Indonesia, melantik saudara saudari yang telah ditetapkan sebagai pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia untuk masa bakti 2021-2026. Dengan demikian sah untuk menjalankan tugas yang diamanatkan kepada saudara saudari sekalian,” kata Arsjad membacakan Surat Keputusan Pelantikan, Rabu (20/10/2021).

Ia berharap kedepannya dalam pelaksanaan tugas para pengurus tersebut bisa dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, sebagai pengusaha, sebagai pengusaha pejuang, sebagai pengusaha pembangunan, serta mampu menjunjung tinggi nilai patriotisme.

Arsjad didampingi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Anindya Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Rosan P Roeslani, dan Dewan Usaha Chairul Tanjung.

Susunan Pengurus

Berikut susunan pengurus Kadin indonesia Periode 2021-2026:

- Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid

- Ketua Dewan Pertimbangan Anindya N. Bakrie

- Ketua Dewan Penasehat Mohamad S. Hidayat

- Ketua Dewan Kehormatan Rosan P. Roeslani, anggota Dewan Kehormatan diantaranya Aburizal Bakrie, Mohamad S. Hidayat, Adi Putra Tahir, Suryo Bambang Sulistyo.

- Ketua dewan usaha Chairul Tanjung

 

Koordinator Wakil Ketua Umum

- Koordinator WKU I Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Yukki Nugrahawan

- Koordinator WKU II Bidang Perekonomian Franky O. Widjaja

- Koordinator WKU III Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri Shinta W. Kamdani

- Koordinator WKU IV Bidang Peningkatan Kualitas manusia, ristek dan inovasi Carmelita Hartoto.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya