Sukses

BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi RI 2021 Mentok di 4,3 Persen

Bank Indonesia (BI) memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia terus membaik hingga triwulan I-2021.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia terus membaik hingga triwulan I-2021. Sehingga, keseluruhan 2021 tetap berada dalam kisaran 3,5 sampai 4,3 persen.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyatakan, pada triwulan III 2021 kinerja perekonomian terus menunjukkan perbaikan. Hal ini tercermin dari kinerja ekspor yang tetap tinggi.

"Serta, aktivitas konsumsi dan investasi yang kembali meningkat sejalan pelonggaran pembatasan mobilitas," imbuhnya dalam video konferensi Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI - Oktober 2021, Selasa (19/10/2021).

Dari sisi Lapangan Usaha (LU), kinerja LU Industri Pengolahan, Pertambangan, Perdagangan, serta Informasi dan Komunikasi tumbuh tinggi. Secara spasial, pemulihan ekonomi terutama pada wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ditopang kinerja ekspor.

"Perbaikan ekonomi berlanjut tercermin pada perkembangan indikator dini hingga Oktober 2021, seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, PMI Manufaktur, transaksi pembayaran melalui SKNBI dan RTGS, serta ekspor," bebernya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proyeksi 2022

Oleh karena itu, BI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 terus melanjutkan tren perbaikan. Salah satunya didorong oleh mobilitas yang terus meningkat sejalan akselerasi vaksinasi.

"Lalu, kinerja ekspor yang tetap kuat, pembukaan sektor-sektor prioritas yang semakin luas, dan stimulus kebijakan yang berlanjut," ungkapnya.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BI atau Bank Indonesia merupakan bank sentral milik Negara Republik Indonesia.

    Bank Indonesia

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19