Sukses

Waspada Penipuan Rekrutmen Atas Nama Jasa Marga

PT Jasa Marga (persero) Tbk mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap modus penipuan berbasis rekrutmen yang mengatasnamakan perusahaan

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (persero) Tbk mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap modus penipuan berbasis rekrutmen yang mengatasnamakan perusahaan. Perusahaan menegaskan, hal itu bukanlah rekrutmen resmi.

Jasa Marga menegaskan hingga saat ini tidak sedang tidak membuka lowongan kerja dalam bentuk apapun. Maka, segala bentuk informasi rekrutmen yang disampaikan akun media sosial yang beredar adalah penipuan.

“Menanggapi informasi mengenai program rekrutmen yang mengatasnamakan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dapat kami sampaikan bahwa informasi tersebut adalah TIDAK BENAR atau HOAX. Saat ini, Jasa Marga sedang tidak menggelar program rekrutmen karyawan,” kata Corporate Communication & Community Development Group Jasa Marga Dwimawan Heru.

Menurut pantauan Liputan6.com, ada beberapa akun di Instagram yang mengunggah lowongan kerja atau karir dengan mencantumkan laman perusahaan palsu. Misalnya, Akun @jasamarga_karir terpantau memiliki 17.500 followers dengan 204 unggahan.

“Jasa Marga memantau terdapat akun media sosial palsu di platform  Instagram, dengan username @ptjasamarga_career yang saat ini berganti username menjadi @jasamarga_karir yang menyebarkan informasi palsu terkait rekrutmen di Jasa Marga,” tulisnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (19/10/2021).

Akun tersebut menyematkan link rekrutmen palsu yang mewajibkan pengisian data-data pribadi dan kemudian mengirimkan surat elektronik (email) yang berisikan modus penipuan berkedok rekrutmen.

Jasa Marga menulis bahwa pelamar harus mengirimkan uang dalam nominal tertentu sebagai biaya transportasi yang nantinya akan dilakukan reimbursement.

“Dan kami sampaikan juga, Jasa Marga tidak pernah melakukan pungutan biaya apapun dalam melakukan program rekrutmen karyawan,” ujar Heru.

“Akun palsu tersebut, @jasamarga_karir , juga secara aktif mengambil dan mempublikasikan konten resmi Perusahaan agar akun tersebut terlihat meyakinkan,” tulisnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Website Resmi

Lebih lanjut, Corporate Communication & Community Development Group Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan segala informasi terkait perusahaan akan disampaikan melalui akun resmi.

Misalnya, website resmi www.jasamarga.com dan akun media sosial resmi yaitu Instagram @official.jasamarga, Twitter @OFFICIAL_JSMR dan @PTJASAMARGA, Facebook PT Jasa Marga - Persero Tbk. serta Youtube Official Jasa Marga.

Heru berharap agar masyarakat dapat terlebih dahulu memeriksa kebenaran informasi melalui kanal-kanal resmi Jasa Marga yang tersedia, baik melalui website dan akun-akun media sosial. ia juga mengajak masyarakat untuk lebih berhati-hati dan teliti ketika mendapat informasi yang mengatasnamakan Jasa Marga.

“Mari lebih berhati-hati dalam menerima informasi di media sosial, khususnya terkait dengan rekrutmen. Lakukan cek dan ricek terlebih dahulu. Masyarakat juga dapat secara aktif berkontribusi untuk melakukan report account atas akun penipuan tersebut, dan menyebarkan informasi ini agar tidak ada lagi pihak-pihak yang dirugikan karena Jasa Marga tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan akibat tindakan penipuan tersebut,” tutup Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.