Sukses

6 Trainset LRT Jabodebek Tiba di Cibubur, Pembangunan Stasiun Beres 90 Persen

Enam train set Light Rail Transit (LRT) Jabodebek buatan PT INKA telah sampai di Cibubur. Menyambut hal itu, PT Adhi Karya segera rampungkan infrastruktur penunjangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Enam train set Light Rail Transit (LRT) Jabodebek buatan PT INKA telah sampai di Cibubur. Menyambut hal itu, PT Adhi Karya segera rampungkan infrastruktur penunjangnya.

Sejak kedatangan rangkaian kereta tersebut, pada akhir pekan lalu, 16-17 Oktober 2021, Adhi telah melakukan tes beban pada infrastruktur prasarana LRT Jabodebek. Yakni, bentang panjang yang terletak diatas jalan Tol Jakarta atau JORR.

Dalam keterangan resmi yang diterima, perusahaan menyebut, dalam tiap pembangunan proyek infrastruktur, tentunya selalu ada uji kelayakan yang dilakukan untuk memastikan bahwa bangunan tersebut dapat digunakan oleh masyarakat.

“Salah satunya ialah tes beban pada suatu bangunan. Bentang panjang ini memiliki panjang hingga 90 meter dan mengalahkan salah satu bentang terpanjang di Dubai, yakni 74 meter,” tulis perusahaan, dikutip Selasa (19/10/2021).

Ada beberapa lingkup pekerjaan Adhi Karya, diantaranya penyambungan lintasan, pembangunan fisik stasiun, jalur layang, trackwork dan lintasan rels, serta persinyalan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hampir Rampung

Lebih lanjut, perusahaan menuturkan bahwa perkembangan pembangunan prasarana LRT Jabodebek akan segera rampung.

Hingga akhir September 2021, progres pembangunan prasarana Kereta Api Ringan/Light Rail Transit atau LRT yang terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) Tahap I secara keseluruhan telah mencapai 87,54 persen.

Detail kemajuan pelaksanaan pekerjaan pada tiap lintas pelayanan, antara lain lintas pelayanan I Cawang-Cibubur sebesar 93,94 persen, lintas pelayanan II Cawang-Dukuh Atas sebesar 87,99 persen.

Kemudian, lintas pelayanan III Cawang-Bekasi Timur sebesar 92,25 persen, serta pembangunan Depo yang telah mencapai 55,85 persen.

“Untuk pembangunan fisik stasiun, saat ini telah mencapai lebih dari 90 persen secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari telah berdirinya 18 stasiun di sepanjang 3 lintas pelayanan,” tutup keterangan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.