Sukses

Awas Hangus, Batas Akhir Beli Pelatihan Pertama Kartu Prakerja Gelombang 21 Tersisa 2 Hari

Bagi yang belum mengetahui kenapa batas waktu pelatihan kartu prakerja gelombang 21 hanya sampai 30 hari, itu sudah diatur dalam Permenko Perekonomian.

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 21. Sebelum lebih dari 30 hari, penerima Kartu Prakerja harus segera membeli pelatihan pertama jika tak ingin dana bantuannya hangus dan kepesertaan dicabut.

Sebelumnya, penerima Kartu Prakerja gelombang 21 sudah diumumkan sejak 22 September 2021. Apabila penerima tidak menginginkan dana bantuannya hangus dan kepesertaan dicabut, penerima Prakerja harus segera membeli pelatihan pertama tidak lebih dari 21 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB.

“Bagi Sobat Prakerja yang sudah lolos Gelombang 21 namun belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sekarang juga!.

Batas akhir pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 21 adalah 21 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB,” demikian penjelasan seperti dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, Selasa (19/10/2021).

Bagi yang belum mengetahui kenapa batas waktu hanya sampai 30 hari, itu sudah diatur dalam Permenko Perekonomian.

“Sesuai Permenko Perekonomian No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 HARI untuk membeli pelatihan pertama sejak dinyatakan lolos seleksi,” begitu penjelasannya.

Atas adanya peraturan tersebut, penerima Prakerja yang tidak membeli pelatihan sampai batas waktu yang sudah ditentukan akan dicabut kepesertaannya.

Lebih dari itu, dana insentif pun tidak akan diberikan alias hangus dan kemudian dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Imbasnya jika kepesertaan dicabut, “Sobat tidak bisa ikut seleksi gelombang lagi,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi Pelatihan

Pelatihan bisa dibeli melalui platform digital yang sudah bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja ini.

Salah satu contoh membeli pelatihan melalui patform digital bernama Pintaria, Tokopedia, atau Bukalapak. Ada pelatihan yang dinamakan “Cakap”.

Pelatihan tersebut mengajarkan bagaimana melayani pelanggan dengan Service Excellence untuk Customer Service.

Selain itu, ada pula pelatihan melalui platform karier.mu yang di dalamnya ada “Gramedia Academy”. Pelatihan tersebut untuk mengetahui bagaimana menyusun dan mengembangkan Tim Penjualan Bagi Manajer Penjualan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.