Sukses

OJK Yakin Target Inklusi Keuangan 90 Persen di 2024 Bisa Tercapai

Sejak 2016, sejumlah penyedia jasa keuangan berinisiatif untuk menggelar Bulan Inklusi Keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah penyedia jasa keuangan di Indonesia kembali menggelar Financial Expo (Finexpo) dalam rangkaian bulan Inklusi keuangan (BIK) 2021. Meresmikan gelaran ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimistis target inklusi keuangan dapat tercapai.

Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengatakan, Indonesia menargetkan tingkat inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024.

“(pemerintah) menetapkan pencapaian target 90 persen inklusi keuangan di tahun 2024 dan kami optimis ini akan tercapai,” katanya dalam pembukaan FinExpo 2021, Senin (18/10/2021).

“Kita menyadari bahwa tingkat inklusi keuangan tersebut masih belum merata, akses keuangan yang di kota sebesar 84 persen. Jauh lebih tinggi dari di desa hanya 69 persen,” katanya.

Ia mengatakan, guna mendorong tingkat inklusi keuangan tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya. Ia menyebut, sejak 2016 lalu, sejumlah penyedia jasa keuangan berinisiatif untuk menggelar Bulan Inklusi Keuangan hingga saat ini.

“Kita inisiasi BIK diadakan setiap Oktober sebagai agenda nasional, pada bulan tahun 2021 ini tema yang diusung adalah ‘inklusi keuangan untuk semua bangkitkan ekonomi bangsa’,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa gelaran saat ini memfokuskan gelaran BIK sebagai dukungan untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Termasuk meningkatkan pemahaman masyarakat serta akselerasi penambahan rekening dan produk layanan jasa keuangan,” katanya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digelar Hingga 2 November

Financial Expo BIK 2021 ini digelar secara virtual yang menggaet sekitar 300 perusahaan hingga 2 November mendatang. Sebagai rangkaian BIK 2021, Tirta mengatakan ini merupakan salah satu agenda strategis yang mencakup pameran produk keuangan.

Selain itu, ada juga layanan jasa keuangan dari berbagai macam perusahaan penyedia jasa keuangan.

Ia mengatakan bahwa gelaran ini bisa membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk mendapatkan informasi dari produk hingga layanan keuangan. Ada banyak jenis produk dan layanan yang ditawarkan, mulai dari perbankan, pasar modal, asuransi, hingga fintek dan e-commerce.

“termasuk program edukasi keuangan dan program perlindungan konsumen dalam pameran finexpo 2021 ini masyarakat bisa memilih produk dan layanan keuangan perbankan, pasar modal, asuransi, pembiayaan, pensiun, fintek, ecommerce,” tuturnya.

Ia menyebut selain produk keuangan konvensional, gelaran ini juga mencakup produk keuangan syariah. Juga dengan penawaran promo yang menarik selama Finexpo berlangsung.

“(kemudian) Ada webinar edukasi keuangan yang bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat dan konsumen keuangan tiap harinya, dapat dijadikan sebagai sarana bagi masyarakat untuk tingkatkan pengetahuan produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan kemampuan,” katanya.

Ia menambahkan, masyarakat bisa mengakses laman pameran virtual ini melalui browser komputer maupun smartphone. Caranya, cukup kunjungi www.finexpo-bik2021.id.

Setelah mengakses laman tersebut pengunjung diminta untuk melakukan registrasi dengan memasukkan identitas serta email pengguna. Selanjutnya, pengunjung bisa mengakses berbagai produk pada bagian pameran Financial Expo 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.