Sukses

Menko Luhut Pamer Penanganan Covid-19 di Indonesia Membaik

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mengalami perbaikan dalam beberapa waktu terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mengalami perbaikan dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut Luhut, tren positif itu tercermin dari turunnya angka reproduksi efektif virus corona jenis baru tersebut.

"Penanganan Covid-19 di Indonesia mulai beberapa waktu lalu sudah mulai membaik. Kalau kita lihat reproduksi efektif dari Covid-19 di Indonesia sudah di bawah 1, bahkan sudah di bawah 0,98," tuturnya dalam acara Festival Iklim 2021, Senin (18/10).

Bahkan, imbuh Menko Luhut, di beberapa wilayah Indonesia angka reproduksi Covid-19 bisa ditekan di bawah 0,97. Salah satunya provinsi DKI Jakarta.

"Jakarta sendiri sekarang sudah berada pada 0,95 reproduksinya. Jadi, ini semua menunjukkan perbaikan secara signifikan kalau kita bandingkan Kepada waktu yang lalu," pungkasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada PPKM, Kasus Covid-19 di Jakarta, Jateng dan Jatim Mulai Turun

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang juga Koordinator Penanganan Covid wilayah Bali dan Jawa, Luhut Binsar Pandjaitan, mengklaim terjadi tren penurunan kasus Covid-19 yang signifikan di wilayah Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Luhut berharap semua pihak terkait bisa turun menekan penurunan ini.

"Saya minta pada teman-teman sekalian, meskipun ada penurunan dibandingkan dengan minggu pertama penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), tren penurunan mobilitas dan aktivitas tetap harus dipertahankan," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta. Demikian dikutip dari Antara, Sabtu (24/7).

Dia mengatakan tren penurunan kasus itu terjadi sejak minggu pertama PPKM. Hal tersebut didasari pada variabel laju transmisi kasus, respons kesehatan, dan kondisi sosiologis masyarakat.

Oleh karena itu, dia meminta semua kepala daerah di wilayah Jawa dan Bali untuk terus memperketat dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.