Sukses

Erick Thohir Kerahkan BUMN Bantu Warga Baduy Usai Musibah Kebakaran

Menteri BUMN Erick Thohir meminta BUMN untuk membantu warga Baduy yang mengalami musibah kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan BUMN untuk membantu warga Baduy di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Hal ini pasca kebakaran yang terjadi pada Rabu 13 Oktober 2021, lalu.

Instruksi ini pun langsung direspon cepat oleh Satgas Bencana BUMN Banten (Angkasa Pura II dan WIKA) yang langsung memberikan bantuan.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Tim Relawan beranggotakan 11 Anggota (Community Development Center, Dokter, Airport Rescue dan Fire Fighting, serta Airport Security). Penyerahan bantuan itu juga berkolaborasi dengan Relawan Banten Berakhlak. 

Relawan Banten Berakhlak Muhammad Arif Kirdiat yang selama ini banyak terlibat membantu warga Baduy menyampaikan apresiasi terhadap respons cepat Erick Thohir dan pihak BUMN dalam membantu warga Baduy.

Arif berharap  bantuan itu dapat mengurangi beban yang dihadapi warga Baduy pascakebakaran.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas atensi cepat Pak Erick dan BUMN dalam membantu warga Baduy di Lebak, Banten," kata Arif melansir RRI, Sabtu (16/10/2021).

Sementara itu, bantuan yang diberikan langsung diterima oleh sejumlah tokoh adat Baduy. Para pemangku adat mengatakan bantuan yang diberikan BUMN akan sangat membantu bagi warga Baduy.

"Kami sangat berterimakasih kepada BUMN, khususnya Bapak Erick Thohir yang telah memberikan bantuan, ini dapat mengurangi beban kami," ujar Mursyid, salah satu tokoh adat Baduy.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungi Warga Baduy

Selain itu, Erick Thohir juga dipastikan akan mengunjungi warga Baduy yang baru saja mengalami musibah kebakaran. Kehadiran Erick untuk menyerap aspirasi dan memastikan proses pemulihan dapat berlangsung cepat.

Adapun bantuan yang telah diberikan BUMN kepada warga Baduy berupa 100 paket nutrisi dan vitamin, 25 paket alat masak, 84 set pakaian adat, unit genset (2800 watt) dan juga 5 unit senter.

Diketahui belasan rumah warga Baduy di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengalami kebakaran pada Rabu siang, 13 Oktober 2021. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kami bergerak melakukan evakuasi bagi warga Baduy yang terdampak kebakaran," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama di Lebak.

Akibat peristiwa kebakaran itu tercatat 16 unit rumah warga hangus terbakar dan 45 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.

Selain itu satu unit leuit atau rumah pangan juga hangus terbakar.

Menurut BPBD, kebakaran terjadi di Kampung Cihuni kawasan Baduy Dalam, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. BPBD Lebak berupaya memadamkan api  kendati upaya menuju lokasi yang tidak mudah.  

 

Sumber: rri.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.