Pendapatan BUMN di Semester I 2021 Naik Rp 96,5 Triliun, Kinerja Melesat 356 Persen  

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 16 Okt 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 16 Okt 2021, 13:13 WIB
Pengarahan Presiden Jokowi kepada Direktur Utama BUMN. Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok. Kementerian BUMN)
Perbesar
Pengarahan Presiden Jokowi kepada Direktur Utama BUMN. Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok. Kementerian BUMN)

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatatkan pertumbuhan positif. Hal ini ditandai dengan peningkatan pendapatan dari semester I 2020 ke semester I 2021. Pada semester I 2021, pendapatan BUMN meningkat sebesar Rp 96,5 triliun.

Kinerja BUMN semester 1 pada 2021 juga meningkat 356 persen dibandingkan semester I pada 2020 lalu, bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan Kinerja 2020.

Dalam menyambut kemajuan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan terima kasih dan apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas transformasi yang sudah dijalankan perusahaan BUMN.

"Terlebih transformasi bisnis model dan penerapan operasional yang efisiensi serta akuntabilitas yang diterapkan mampu menaikkan penjualan dan peningkatan pencapaian pendapatan total seluruh BUMN," kata Erck Thohir dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Sabtu (16/10/2021).

"Anugerah beruntun bagi kami. Sebelumnya, Kementerian BUMN meraih prestasi tertinggi dalam penerapan sistem merit yang dinilai Komisi Aparatur Sipil Negara. Transformasi ASN di Kementerian BUMN juga mendapat penghargaan dan hal ini membuktikan bahwa perubahan yang berjalan selama ini berada di jalur yang benar. Kami akan berusaha mempertahankan dan meningkatkan," sambung dia.

Disampaikan juga bahwa BUMN mengharapkan para direksinya tetap menjaga nilai kompetitif yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus dibangun pemerintah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kinerja Keuangan Portfolio K-BUMN Membaik Secara Signifikan

Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir bersama 20 Direktur BUMN Terpilih. (Dok, Kementerian BUMN)
Perbesar
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir bersama 20 Direktur BUMN Terpilih. (Dok, Kementerian BUMN)

Secara keseluruhan, kinerja keuangan portfolio K-BUMN membaik signifikan di paruh pertama 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kata BUMN.

Hal ini terlihat dari peningkatan penjualan 1H-2021 (konsolidasi - unaudited) versus 1H-2020 (konsolidasi -unaudited) yang meningkat sebesar Rp 96,5 triliun, terutama di topang oleh sektor energi, keuangan, dan pertambangan.

"Hal ini selanjutnya mengakibatkan perbaikan signifikan pada kinerja net profit konsolidasian yang meningkat hampir 3,6 kali laba bersih konsolidasi un-audited 1H-2020 menjadi Rp26 triliun," lanjut BUMN.

Meski lockdown di paruh kedua 2021 akan berdampak pada kinerja keseluruhan full-year 2021, BUMN menyatakan, bahwa pihaknya akan berusaha mempertahankan kinerja positif ini sampai dengan akhir tahun 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya