Sukses

BPS: Aktivitas Masyarakat di Tempat Belanja Sudah Pulih

BPS menyebut aktivitas penduduk di tempat belanja dan kebutuhan sehari-hari sudah pulih, bahkan meningkat pada September 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono mengatakan, aktivitas penduduk di tempat belanja dan kebutuhan sehari-hari sudah pulih, bahkan meningkat pada September 2021. Hal ini seiring dengan pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM dalam beberapa waktu belakangan.

"Kalau kita melihat bagaimana mobilitas penduduk selama September lalu, di berbagai tempat atau aktivitas menunjukkan adanya perbaikan. Aktivitas penduduk di tempat belanja dan kebutuhan sehari-hari sudah pulih kembali," ujar Margo, Jakarta, Jumat (15/10).

Margo melanjutkan, aktivitas dan mobilitas masyarakat di berbagai fasilitas umum lainnya mulai mengalami perbaikan. Salah satunya adalah mobilitas penduduk pada tempat perdagangan, ritel, dan rekreasi. Di mana, angkanya mengalami perbaikan menjadi -1,9 persen.

"Dibanding Agustus -12,4. Berarti mobilitas penduduk di perdagangan dan rekreasi mengalami perbaikan," ujar Margo.

Selanjutnya, mobilitas di taman juga mengalami perbaikan meskipun belum pada kondisi normal, yang angkanya pada September 2021 sebesar -7,9 persen. Sementara, mobilitas di tempat transit juga ada perbaikan meskipun belum dalam kondisi normal.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaikan Mobilitas

BPS juga mencatat perbaikan mobilitas di tempat kerja pada September 2021, meskipun angkanya masih -15,9, yang artinya mobilitas penduduk di tempat kerja belum pada kondisi normal. Data-data mobilitas penduduk tersebut diolah BPS dari Google Mobility.

"Tentu saja informasi ini akan berpengaruh pada aktivitas ekonomi. Pada akhirnya juga berpengaruh pada berbagai indikator nanti yang akan dirilis baik pada hari ini maupun pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) bulan depan," tandas Margo.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.