Sukses

Menakar Kebutuhan Tenaga Kerja Pasca Pandemi Covid-19

Hampir semua sektor terkena imbas dari pandemi COVID-19 baik dari segi ekonomi, budaya, norma sosial, kesehatan, pemerintahan, pendidikan, komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2020 telah menjadi tahun perubahan yang luar biasa. Hampir semua sektor terkena imbas dari pandemi COVID-19 baik dari segi ekonomi, budaya, norma sosial, kesehatan, pemerintahan, pendidikan, komunikasi, bahkan praktik keagamaan.

Setelah beradaptasi selama 20 bulan dan berproses dengan keadaan, ada banyak keterbatasan yang dihadapi namun juga lahir sejumlah peluang baru. Kini saatnya kita fokus pada masa depan dan secara sadar dan realistis mulai mengelola perubahan dan memanfaatkan potensi untuk perbaikan dan kemajuan.

Bersama dengan para stakeholdernya, International Test Center (ITC) menginisiasi kolaborasi ketiga sektor ini; Pemerintah, Industri dan Pendidikan untuk memahami perubahan apa yang terjadi dan antisipasi kedepannya.

Kolaborasi ini memampukan semua pihak untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan strategi dalam mengembangkan potensi dan membangun kapasitas yang ada, khususnya sumber daya manusia di setiap sektor.

“ITC Virtual Leadership Seminar 2021 adalah seminar kepemimpinan tahunan kesebelas yang diselenggarakan ITC. Karena masih dalam kondisi pandemi,  acara terus menerus tahun 2008 harus dilakukan secara virtual. Untuk tahun 2021, kami mengambil tema Membangun Tenaga Kerja yang Siap Masa Depan untuk Dunia Pasca-COVID paling tepat waktu. Kami semua harus belajar, beradaptasi, dan banyak berubah dalam 20 bulan terakhir,” ungkap CEO International Test Center Victor Chan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Leadership seminar ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan secara rutin oleh ITC yang pada tahun ini hadir dan dipersembahkan secara virtual, dimana kemajuan teknologi sanggup menjangkau lebih banyak penerima manfaat selain mampu mengakomodir lebih banyak pihak yang terlibat dan berkontribusi didalamnya.

Secara khusus, tujuan dari kegiatan ini adalah mampu menjadi media yang menjembatani tapak baru seluruh stakeholder menuju kondisi paska Covid-19.

"Kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini akan berlangsung. Banyak Pemerintah dan pihak berwenang sudah mengakui bahwa Covid-19 adalah penyakit endemik dan kita semua harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya," tutur Victor.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hidup Aman di Masa Endemi

Yang paling bijaksana adalah mendorong warganya untuk melakukan bagian mereka untuk hidup dan beroperasi dengan aman di endemi ini, dan tidak selalu menunggu solusi, bantuan, atau instruksi dari mereka.

Mereka tidak akan memiliki semua jawaban dan tidak pernah diharapkan untuk memilikinya. Warga dan komunitas, bisnis dan sekolah, kelompok dan individu harus lebih banyak berbagi, bertukar, dan berkolaborasi agar dapat bergerak maju, dengan aman dan sukses.

“Masing-masing dari kita harus melakukan bagian kita untuk berkontribusi pada kampanye sukarela ini untuk berbagi, bertukar, dan berkolaborasi. Inilah yang dimaksud dengan Seminar Kepemimpinan ITC,” tegas Victor Chan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.