Sukses

Menkop Ingin #KotaMasaDepan Bantu UMKM Pulih dari Dampak Pandemi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi peluncuran #KotaMasaDepan hasil kolaborasi dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) bersama dengan Grab Indonesia dan Bukalapak.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi peluncuran #KotaMasaDepan hasil kolaborasi dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) bersama dengan Grab Indonesia dan Bukalapak.

"Saya menyambut baik sekaligus mengapresiasi setinggi-tingginya festival UMKM #KotaMasaDepan yang digelar di berbagai kota. Ini merupakan hasil kolaborasi yang luar biasa dari Grab dan Emtek dan Bukalapak," kata Menkop Teten dalam acara peluncuran #KotaMasaDepan secara virtual, Kamis (14/10/2021).

Dalam pelaksanaannya, peluncuran #KotaMasaDepan dimulai di Kupang dan akan berlanjut secara bertahap di Solo, Gowa, Malang, dan Pekanbaru hingga akhir 2021. Targetnya, kegiatan tersebut akan bisa menarik sampai sekitar 10 ribu UMKM.

Lebih lanjut, Menkop Teten menyampaikan, program #KotaMasaDepan bisa membantu para pelaku UMKM di kota-kota nonmetropolitan agar bisa bangkit dari dampak pandemi Covid-19 berkepanjangan. Tidak hanya masuk ke ranah digital, UMKM pun diharapkan bisa berkompetisi di level global.

"Bapak Presiden Joko Widodo menyampaikan, hadirnya UMKM dalam ekosistem digital menjadi sangat penting, baik untuk bertahan di masa pandemi maupun tumbuh agar memiliki daya saing di tingkat global," ujar Menkop Teten.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

30 Juta UMKM Ditargetkan Terhubungan dengan Platform Digital

Menurut dia, pemerintah menargetkan 30 juta UMKM dapat terhubung ke dalam platform digital pada 2024. Oleh karena itu, pendekatan secara ekosistem serta kolaborasi dari seluruh stakeholder diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi UMKM di Indonesia.

"Di tengah disrupsi yang dimunculkan pandemi, serta disrupsi digital gelombang kedua, kebutuhan akan wirausaha yang berbasis kreativitas dan teknologi menjadi semakin krusial," ungkapnya.

"Saya berharap melalui kolaborasi ini (#KotaMasaDepan) dapat terus semakin menguat, sehingga dapat melahirkan inovasi dalam mendorong UMKM masa depan," pungkas Menkop Teten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana.

    pandemi

  • PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek) didirikan pada 1983 meliputi industri media, telekomunikasi, dan infrastruktur.
    PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek) didirikan pada 1983 meliputi industri media, telekomunikasi, dan infrastruktur.

    Emtek

  • Grab adalah sebuah perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berlokasi di Singapura.
    Grab adalah sebuah perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berlokasi di Singapura.

    Grab

  • Bukalapak adalah salah satu platform belanja online di Indonesia yang menjual beragam produk kebutuhan masayrakat.

    Bukalapak

  • Teten Masduki kini menjabat sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Kabinet Indonesia Maju.

    Teten Masduki

  • #KotaMasaDepan