Sukses

81 Persen Pengusaha Keluhkan Penjualan Loyo Selama Pandemi Covid-19

Sejumlah pengusaha memastikan penjualannya merosot selama pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Odo R.M Manuhutu menyatakan sebanyak 81 persen pengusaha melaporkan adanya penurunan penjualan produk akibat pandemi Covid-19.

Sebagaimana hasil survei The Fed selaku bank sentral Amerika Serikat.

"Bahkan, 26 persen dari pengusaha juga melaporkan penurunan penjualan hingga lebih dari 50 persen," ungkapnya dalam webinar Bank Mandiri bertajuk Transformasi Digital UMKM Merah Putih, Rabu (13/10/2021).

Odo bilang, kondisi tersebut juga terjadi di Indonesia. Menyusul terbatasnya mobilitas masyarakat akibat pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu, pada tanggal 14 Mei 2020 Pak Presiden (Jokowi) meluncurkan BBI (Bangga Buatan Indonesia)," terangnya.

Melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pemerintah berupaya melindungi kelangsungan bisnis UMKM. Antara lain membantu perluasan akses pemasaran bagi aneka produk UMKM.

"Tujuannya apa?. Pertama, adalah membantu para UMKM, lalu memperkuat fundamental ekonomi Indonesia," tukasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arah Kebijakan Fiskan Berubah

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut banyak negara-negara di dunia telah mengubah arah kebijakan fiskalnya karena pandemi Covid-19. Sebab, kehadiran virus asal China itu menyebabkan penurunan pendapatan di seluruh negara termasuk Indonesia.

"Yang penting setelah pandemi, semua negara yang benar-benar mengalami pergantian kebijakan fiskal, pada saat yang sama penurunan pendapatan terjadi," kata dia saat menjadi pembicara di OECD secara virtual, Kamis (28/1).

Bendahara Negara itu menyadari, Kementerian Keuangan di setiap negara-negara saat ini memiliki tugas cukup berat. Yakni bagaimana merespons serta mengonsolidasikan seluruh kebijakan fiskalnya.

"Di setiap negara, Kementerian Keuangan memiliki tugas yang sulit untuk mengonsolidasikan dan mendayagunakan kebijakan fiskal mereka," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19