Terlanjur Terjebak Fintech Ilegal? Tenang, Laporkan Lewat 3 Instansi Ini

Oleh Liputan6.com pada 17 Okt 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 17 Okt 2021, 08:00 WIB
Banner Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah dan Cara Hindari Jeratan
Perbesar
Banner Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah dan Cara Hindari Jeratan (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini tidak sedikit masyarakat yang telah terjebak dalam kasus fintech lending abal-abal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun tak perlu khawatir, masyarakat bisa segera melaporkan pinjaman online yang berstatus ilegal tersebut melalui tiga instansi.

Sebelumnya, atas tanggapan dari kasus maraknya informasi karena banyak masyarakat yang dirugikan oleh pinjol ilegal, OJK akhirnya memperkuat komitmen bersama Bank Indonesia, Kepolisian RI, Kemenkominfo, hingga Kemenkop UKM untuk memberantas pinjaman online ilegal yang bertebaran.

“Seluruh anggota SWI harus bersinergi melawan masifnya penawaran pinjaman online ilegal. Kita harus membasmi pinjaman online ilegal karena membebani dan merugikan masyarakat,” tegas Ketua Dewa Komisioner OJK Wimboh Santoso, seperti dikutip dari akun Instagram resmi OJK, Minggu (17/10/2021).

Salah satu upaya dilakukan adalah memberikan pelayanan untuk pengaduan masyarakat. Caranya dengan membuka akses pengaduan masyarakat yang bisa diajukan melalui tiga instansi.

Hal tersebut tentu bisa dilakukan bagi masyarakat yang sudah terlanjur terjebak ke dalam fitnech lending atau pinjaman online ilegal.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi OJK, masyarakat bisa melaporkan atau mengadukan kasus pinjol ilegal melalui tiga instansi. Ketiga instansi tersebut antara lain:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Lapor

Ilustrasi pinjaman online atau pinjol. Unsplash/Benjamin Dada
Perbesar
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol. Unsplash/Benjamin Dada

1. Kepolisian

Laporkan kasus pinjol ilegal ke Kepolisian untuk proses hukum. Bisa dengan dua cara:

- Kunjungi laman https://patrolisiber.id

- Kirim e-mail ke info@cyber.polri.go.id

 

2. Satgas Waspada Investasi (SWI)

Ajukan pengaduan ke SWI untuk pemblokiran. Caranya dengan mengirim e-mail ke waspadainvestasi@ojk.go.id.

 

3. Kemenkominfo

Bisa pula mengajukan adua konten ke Kemenkominfo dengan tiga cara:

- Kunjungi laman aduankonten.id

- Kirim e-mail ke aduankonten@kominfo.go.id

- Kirim pesan WhatsApp di nomor 08119224545

 

 


Ciri dan Cek Legalitas Pinjol Legal

Ilustrasi pinjaman online
Perbesar
Ilustrasi pinjaman online/Shuttertstock.

Sebagai informasi, fintech yang tidak resmi atau ilegal biasanya memiliki ciri-ciri, seperti tidak memiliki izin resmi dari OJK, tidak memiliki alamat kantor yang jelas, meminta akses seluruh data di ponsel, dan tidak memiliki aturan pembayaran yang jelas.

Jika sudah mengetahui ciri-ciri tersebut, masyarakat bisa langsung mengajukan pengaduan melalui salah satu dari tiga instansi yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sementara untuk mengetahui kembali legalitas fintech lending resmi, masyarakat bisa langsung menghubungi kontak resmi OJK di nomor 157 atau mengunjungi website resminya. Selain itu, juga bisa mengirim pesan WhatsApp di nomor 081157157157 atau mengirim e-mail ke konsumen@ojk.go.id.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati


Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah

Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah
Perbesar
Infografis Pinjol Ilegal Bikin Resah (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya