Sukses

Geger Wanda Hamidah Ngamuk Merasa Ditipu, Ekonom: Asuransi Tak Sepenuhnya Salah

Permasalahan yang tengah menimpa Aktris Wanda Hamidah tidak sepenuhnya merupakan kesalahan dari pihak asuransi.

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom sekaligus Direktur riset Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyatakan, bahwa permasalahan yang tengah menimpa aktris Wanda Hamidah tidak sepenuhnya merupakan kesalahan dari pihak asuransi.

Sebab, jelas Piter, setiap produk asuransi yang telah ditentukan oleh nasabah disertai ketentuan berlaku yang dimuat dalam kontrak perjanjian.

"Jadi, dalam hal ini tidak bisa sepenuhnya disalahkan pihak asuransi ya. Tidak bisa kita mengatakan asuransi menipu. Karena semuanya ada dalam kontrak asuransi," terangnya saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (13/10).

Piter menyebut, pangkal persoalan yang terjadi antara Wanda dan Pihak Asuransi disebabkan oleh ketidakmampuan dalam membedakan manfaat asuransi dan tabungan. Yang mana persoalan ini masih banyak terjadi di masyarakat.

"Masyarakat kita, termasuk saya, sangat awam akan produk asuransi. Kita sering menyamakan asuransi dengan menabung di bank atau investasi yang pada waktunya nanti kita bisa tarik dalam jumlah yang dalam bayangan kita besar, kesalahpahaman ini yang sering terjadi. Padahal yang kita ambil adalah produk asuransi bukan tabungan," terangnya.

Oleh karena itu, Piter mengimbau kepada setiap calon nasabah untuk lebih jeli dalam memilih layanan asuransi yang diinginkan. Salah satunya dengan mempelajari terlebih dahulu secara detail terkait manfaat dan aturan yang berlaku atas produk asuransi yang digunakan.

"Dan tanyakan ke petugas asuransi produk apa yang ditawarkan. Apa benefit nya secara detail," imbuh Piter mengakhiri.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merasa Ditipu

Sebelumnya, Aktris Wanda Hamidah baru saja mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Melalui salah satu unggahan di Instagram terverifikasi miliknya, belum lama ini Wanda mengungkapkan kekesalannya karena merasa ditipu habis-habisan oleh pihak asuransi.

Saking kesalnya akan pihak asuransi tersebut, bahkan Wanda membagikan unggahan berlatar hitam yang bertuliskan "Aku menyesal pakai asuransi P*******!". Bersamaan dengan unggahan itu, ia pun membeberkan kronologinya.

Dalam unggahannya itu, bintang film Imperfect ini mengaku bahwa ia sudah mulai menggunakan asuransi tersebut sejak tahun 2009 dan selalu membayar rutin. Ia juga menceritakan bahwa iuran asuransinya dan keluarga naik per tahun 2020 lalu.

"Sharing aja siapa tau berguna buat teman-teman. Saya pengguna asuransi Pr******** dari tahun 2009 / Kartu yang merah. Saya dan 3 anak.. 500rb/bulan, setelah Malakai lahir tambah lagi 1 anak saya asuransi kan (kesehatan). Total 5 anggota keluarga. Tahun lalu/ 2020 semua saya upgrade ke kartu hitam, naik iuranmya ke 750rb dan 1jt sekian," imbuhnya.

Lebih lanjut, Wanda Hamidah mengaku hampir 12 tahun menggunakan jasa asuransi tersebut, namun belum pernah sekalipun dipakai. "Sampai Minggu lalu anak saya yang atlet basket harus operasi lutut karena 2 tahun ini cidera dan tidak boleh berolahraga (untuk seorang atlet, ini adalah pukulan yang berat). Sampai dokter menyatakan untuk segera pulih harus dioperasi," lanjutnya.

Namun, kenyataan berbicara lain. Biaya yang bisa di-cover pihak asuransi hanya sedikit saja.

“Anyway operasi anak saya diperkirakan memakan biaya kurang lebih 50- 60 jt.. anda tau berapa yg mau dicover @id_pr********? 10 juta saja saudara-saudara.. kalau 10 aja yg dicover ga perlu asuransi deh huhuhu,” Wanda Hamidah menyambung.

Setelah mengetahui hal itu, artis kelahiran Jakarta, 21 September 1977 ini merasa ditipu habis-habisan. Ia pun berniat untuk menutup semua asuransi miliknya.

"Gw ngerasa di scam! Ditipu abis-abisan.. sedih dan sakit hati bercampur menjadi satu sama asuransi. Apa semua asuransi gini ? Manis pas ditawarinnya aja ya. I feel like closing down all my insurance," pungkasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.