Sukses

Resmikan Groundbreaking Smelter Freeport, Jokowi: Kita Kuasai Tambang Tembaga Terbesar di Dunia

Presiden Jokowi menghadiri groundbreaking pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan industri JIIPE Gresik, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021) siang ini.

Jokowi optimistis, kehadiran fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga di Gresik ini akan memberikan pendapatan besar bagi negara. Dia pun mengapresiasi Freeport Indonesia yang telah berhasil menguasai salah satu tambang tembaga terbesar di dunia.

"Negara kita Indonesia memiliki cadangan tembaga yang sangat besar, sangat besar. Masuk dalam kategori 7 negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Ini yang banyak kita enggak tahu," ujar Jokowi saat groundbreaking Smelter Freeport di Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021).

"Potensi yang sangat besar ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, dengan menciptakan nilai tambah yang setinggi-tingginya bagi ekonomi kita," serunya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun tak ingin kekayaan mineral di Tanah Air nantinya kembali dikuasai oleh negara lain. Dia pun memuji pencaplokan 51 persen saham PT Freeport Indonesia sebagai keberhasilan pemerintah menguasai salah satu sumber kekayaan negara.

"Jangan sampai kita memiliki tambang, kita memiliki konsentrat, smelternya-hilirisasinya ada di negara lain. Seperti tadi disampaikan, ada di Spanyol, ada di Jepang, nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka," tegasnya.

"Karena itu, ini adalah kebijakan strategis terkait industri tambang tembaga setelah kita menguasai 51 persen saham Freeport. Dan saat itu juga kita mendorong agar Freeport membangun smelter di dalam negeri," sambungnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Hanya Ekspor Bahan Mentah

Ke depan, Jokowi ingin Indonesia bukan hanya jadi pengekspor bahan mentah (raw material) saja, tapi juga menciptakan hilirisasi industri dalam negeri. Sehingga mampu memberikan income lebih tinggi kepada negara.

Komitmen ini lantas diwujudkan dalam pembangunan Smelter Freeport di Gresik, yang memuat 1,7 juta ton konsentrat tembaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.