Sukses

Waspada, Ada Gelombang Pengurangan Tenaga Kerja Besar-besaran hingga 2025

Menkominfo Johny G Plate memproyeksikan sebanyak 43 persen pelaku industri akan melakukan pengurangan jumlah tenaga kerja

Liputan6.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G Plate memproyeksikan sebanyak 43 persen pelaku industri akan melakukan pengurangan jumlah tenaga kerja atau reduksi di 2025 mendatang.

Apa yang disampaikannya tersebut berdasarkan hasil studi World Economic Forum.

"Menurut laporan The Future of Jobs dari World Economic Forum pada tahun 2025 mendatang akan terdapat 43 persen pelaku industri yang terindikasi akan melakukan reduksi jumlah tenaga kerja," ungkapnya dalam acara OJK Virtual Innovation Day 2021, Selasa (12/10/2021).

Menkominfo Johnny menyebut, pengurangan jumlah tenaga tersebut sebagai konsekuensi atas pilihan melakukan integrasi teknologi. Sehingga, membuka ruang lebih besar atas pemanfaatan teknologi termasuk di sektor industri.

"Ini akibat dari pembagian kerja antara manusia, mesin, dan algoritma," terangnya.

Selain pengurangan tenaga kerja, laporan tersebut juga memproyeksikan sebanyak 85 juta jenis pekerjaan lama yang akan hilang. Menyusul terbitnya 97 juta jenis pekerjaan baru yang akan muncul di era digitalisasi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Ketrampilan Digital

Oleh karena itu, dia bilang penting bagi pemerintah untuk meningkatkan ketrampilan digital dan soft skill tenaga kerja. Hal ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan pasar.

"Termasuk pelatihan Upskilling dan Reskilling yang memberdayakan," tutupnya.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.