Sukses

Pembangunan Jembatan Gantung dari CSR BRI Angkat Perekonomian Warga Desa Druju dan Kemulan Malang

BRI membantu pembangunan jembatan gantung di Malang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - BRI selalu aktif dan ikut ambil bagian dalam mendukung pemenuhan sarana dan prasarana infrastruktur masyarakat di Tanah Air. Pemenuhan ini dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR).

BRI kali ini membantu pembangunan jembatan gantung di Malang, Jawa Timur. Pembangunan jembatan yang dibangun menghubungkan Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Desa Kemulan, Kecamatan Turen. Pada pembangunan BRI menganggarkan dana CSR BRI senilai Rp 497 juta.

Pembangunan jembatan ini telah diresmikan pada Selasa 5 Oktober 2021. Turut hadir Bupati Malang Sanusi bersama direksi Bank Rakyat Indonesia (BRI) Malang. Bupati Sanusi mengatakan selesainya pembangunan jembatan gantung di Desa Druju merupakan bentuk kepedulian BUMN, dalam hal ini Bank BRI melalui program CSR.

"Dengan selesainya jembatan gantung di Desa Druju ini, sebagai wujud kepedulian yang dilakukan Bank BRI untuk membantu masyarakat dari keuntungan usahanya," kata Sanusi.

Selain membangun jembatan gantung, BRI diakui selama ini telah banyak membantu kepentingan masyarakat di Kabupaten Malang. Bantuan pada sektor perekonomian maupun pariwisata.

Khusus di Kabupaten Malang, Bank BRI pada 2021 ini menjalankan CSR pada 9 titik kegiatan sosial. Salah satunya membangun jembatan gantung Desa Druju Kecamatan Sumawe Kabupaten Malang, kerjasama wisata dan bantuan irigasi di Kecamatan Ngantang.

Selesainya pembangunan jembatan gantung menuai apresiasi dan rasa syukur Warga Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan di Malang, Jawa Timur. Mereka mengucapkan terimakasih kepada Bank BRI, yang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) berhasil mewujudkan jalan penghubung ke wilayah lain. Tepatnya ke Desa Kemulan di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Druju, Mujiono yang menilai kehadiran jembatan gantung baru sangat bermanfaat bagi warganya yang banyak beraktivitas di Desa Kemulan.

"Kemarin sempat dari BRI mengucapkan terimakasih karena antusiasme, dari wajah-wajah masyarakat saya merasa gembira, disambut baik dengan adanya bantuan CSR ini," kata Mujiono.

Mujiono bercerita, konektivitas dari Desa Druju menuju Kemulan sebelumnya hanya mengandalkan perahu eretan atau getek. Padahal, banyak warga Druju yang menyekolahkan anak-anaknya di desa seberang.

"Anak-anak sekolah di desa seberang, ada SMP negeri, dan juga lalu lintas ke arah sana itu kalau tidak melewati jembatan harus memutar selisih 5 km," ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Lapangan

Awal mula dibangunnya jembatan, ketika BRI mengadakan survei lapangan untuk memastikan seberapa penting kehadiran akses penghubung antara Desa Druju-Kemulan. Hasilnya keberadaan jembatan dinilai sangat penting dan BRI bersedia mengucurkan dana CSR untuk membangun jembatan gantung tersebut.

Proses pembangunan berjalan lancar dan berasaskan gotong royong. Warga Desa Druju ikut membantu sehingga pembangunan proyek bisa selesai dalam waktu sekitar 2 bulan sejak dimulai pada Agustus 2021.

Mujiono mengucapkan terima kasih yang besar kepada BRI karena keberadaan jembatan telah menopang perekonommian 2 desa.

"Masyarakat senang sekali, wong (mereka) juga punya lahan di daerah utara kali (di Desa Kemulan). Begitu juga orang yang di Desa Kemulan itu saudaranya banyak yang dari sini. Banyak orang sini juga yang punya sawah daerah sana, jadi untuk jalan pertanian, juga jalan anak sekolah, juga jalan perekonomian," jelas dia.

Bahkan warga berencana membangun warung di sekitar jembatan. Artinya, jembatan telah membuka sumber perekonomian baru bagi warga sekitar.

Regional CEO BRI Malang, Prasetya Sayekti menambahkan, bantuan pembangunan jembatan yang diberikan merupakan wujud nyata kepedulian BRI dalam membantu masyarakat, khususnya di wilayah pedesaaan. Bantuan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi mobilisasi penduduk maupun kegiatan perekonomian masyarakat khsusunya masyarakat Desa Druju dan Desa Kemulan.

“Ada sebagian dari keuntungan yang disisihkan untuk kepentingan sosial berupa CSR.Ini merupakan bentuk kepedulian BRI kepada masyarakat yang dapat berupa pembangunan jembatan, pembangunan saluran irigasi, pengembangan kawasan desa wisata. Semoga Jembatan ini bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh masyarakat baik Desa Druju maupun Desa Kemulan” ungkapnya.

Secara umum, sampai bulan September 2021, BRI Kantor Wilayah Malang melalui kegiatan CSR telah menyaluarkan bantuan sebesar Rp. 2.7 Milyar yang tersebar di 9 (Sembilan) titik di wilayah Kabupaten Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.