Sukses

NIK Tidak Ditemukan di PeduliLindungi, Ketahui Penyebab dan 3 Solusinya

Masih ada beberapa pengguna yang mengeluhkan kendala NIK tidak ditemukan di PeduliLindungi. Ketahui penyebab dan solusinya

Liputan6.com, Jakarta Saat masyarakat mengakses PeduliLindungi melalui berbagai aplikasi yang ditetapkan pemerintah, akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Namun, masih ada beberapa pengguna terkendala NIK tidak ditemukan di PeduliLindungi ketika ingin masuk.

Hal ini tentunya bisa menghambat aktivitas mengingat PeduliLindungi menjadi persyaratan utama agar seseorang bisa memasuki fasilitas publik.

Kendala tersebut disampaikan masyarakat melalui kolom komentar Instagram Kementerian Kesehatan (@kemenkes_ri).

Salah satu contoh kendala yang dihadapi pemilik akun @adistadwmr_ adalah NIK miliknya sudah dipakai oleh orang lain. Alhasil, ia belum bisa menerima vaksinasi.

"adistadwmr_ Udah download gara gara nik saya dipakai orang. Sampai detik ini belum bisa vaksin," jelas dia.

Kendala serupa juga dialami oleh pemilik akun @r1skaw. Berikut komentarnya. "@r1skaw Nik adik saya di pakai orang lain, sudah minta bantuan ke dinkes daerah pusat ttp masih blm ada jawaban dari kemenkes nya, gimana ini," jelas pemilik akun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab NIK Tidak Terdaftar

NIK yang tidak terdaftar dalam PeduliLindungi bisa disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Data Diri Tidak Lengkap

Anda akan diminta untuk mengisi identitas diri, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, hingga NIK sebelum mendapatkan vaksinasi. Apabila data yang Anda isi tidak lengkap, data akhir yang ada di dalam sistem juga akan terpengaruh.

2. Salah Memasukkan Data

Petugas kesehatan yang memberikan vaksinasi juga bisa membuat kesalahan ketika memasukkan data. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memeriksa kembali kesesuaian data yang diminta.

3. Nomor Ponsel Tidak Sesuai

Ketika melakukan login di PeduliLindungi, pastikan nomor ponsel yang dimasukkan sudah sesuai dengan nomor ponsel yang didaftarkan sebelum melakukan vaksinasi.

3 dari 4 halaman

Solusi Penyelesaian

Untuk mengatasi NIK yang tidak bisa ditemukan di PeduliLindungi, solusi penyelesaiannya adalah dengan menghubungi call centre PeduliLindungi ataupun nomor WhatsApp dan alamat e-mail yang disediakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

1. Call Centre PeduliLindungi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi call centre PeduliLindungi di nomor 0213808888 atau call center 119 ext 9.

2. WhatsApp

Selain melalui telepon, Anda bisa menyampaikan kendala dengan mengirimkan pesan melalui aplikasi WhatsApp ke nomor 081211000510. Diketahui nomor tersebut disediakan oleh Kominfo sehingga merupakan nomor resmi yang terverifikasi sebagai WhatsApp Business. 

3. E-mail 

Keluhan juga bisa disampaikan melalui e-mail Pedulilindungi@kominfo.go.id. Alamat e-mail tersebut sudah dipastikan sebagai alamat e-mail resmi karena menggunakan domain kominfo.go.id atau dikelola secara langsung oleh Kominfo.

Reporter: Shania

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis 11 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.