Sukses

Cara Lapor Kartu Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi, Mudah!

Banyak masyarakat masih mengeluhkan adanya kendala penggunaan aplikasi PeduliLindugi. Salah satunya soal kartu vaksin tidak muncul di PeduliLindungi.

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu cara pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. Namun banyak masyarakat masih mengeluhkan adanya kendala, salah satunya soal kartu vaksin tidak muncul di PeduliLindungi.

Padahal aplikasi ini kini sudah diwajibkan harus dipakai masyarakat untuk masuk ke beberapa fasilitas umum.

Mulai dari bandara, kereta maupun masuk pusat perbelanjaan, tempat wisata dan lainnya. Di dalam PeduliLindungi memuat berbagai info seperti bukti vaksinasi Covid-19 maupun lainnya.

Aplikasi PeduliLindungi juga bisa memantau keberadaan masyarakat saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Playstore. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Widyawati, memberikan solusi atas permasalahan masyarakat ini. Masyarakat dinilai bisa menyampaikan kendala yang dihadapi melalui email sertifikat@pedulilindungi.id.

“Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui email sertifikat@pedulilindungi.id,” kata Widyawati seperti dikutip dari laman Kemenkes, Jumat (8/10/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Caranya

Begini cara atau proses mengadukan keluhan soal sertifikat vaksin tidak muncul di PeduliLindungi.

1. Kirim email ke sertifikat@pedulilindungi.id

2. Saat mengirimkan email, jangan lupa menyertakan sejumlah data

Format dan data yang harus Anda cantumkan dalam email tersebut:

- Nama Lengkap

- NIK KTP

- Tempat Tanggal Lahir

- Nomor HP

- Lampirkan foto dan kartu vaksin

- Kemudian sampaikan keluhan melalui email.

Dia mengingatkan jika agar bisa langsung diproses, masyatakat harus menyampaikan biodata lengkap, swafoto dengan memegang KTP, dan menjelaskan keluhannya.

Kalau masih ada kendala, untuk info lebih lanjut, masyarakat bisa menghubungi Hotline Virus Corona 119 ext 9.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.