Sukses

Mendag Prediksi Ekonomi Digital Indonesia Tembus Rp 4.500 Triliun di 2030

Mendag berpendapat ekonomi digital sangat berdampak besar terhadap perekonomian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan ekonomi digital sangat penting untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di masa pandemi covid-19. Bahkan, diprediksi ekonomi digital Indonesia akan mencapai angka Rp 4.500 triliun pada tahun 2030.

“Penting untuk ekonomi digital yaitu pertama, e-commerce yang akan menjadi primadona. Kalau hari ini ekonomi digital nilainya hanya Rp 632 triliun, nanti akan tumbuh menjadi Rp 4.500 triliun dan E-commerce kita akan tumbuh menjadi Rp 1.904 triliun pada tahun 2030,” kata Mendag dalam Indonesia Knowledge Forum (IKF) X – 2021, Kamis (7/10/2021).

Melihat hal tersebut, Mendag berpendapat ekonomi digital sangat berdampak besar terhadap perekonomian. Tetapi dia mengingatkan, bahwa ekonomi digital itu adalah berbasiskan teknologi yang mengedepankan inovasi.

“Nah, untuk itu kalau kita tidak bisa ikut aktif dalam industrialisasi kita harus ikut dalam bagaimana menjaga lingkungan kita, tetapi kalau itu pun sulit kita harus merubah gaya hidup kita yang berbasiskan daripada ekonomi digital,” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan studi oleh Asian Development Bank menyebutkan bahwa ekonomi digital dan platform digital itu mampu mendekatkan antara yang kaya dan yang miskin, sehingga perekonomian secara keseluruhan di masa pandemi bisa ditopang oleh ekonomi digital.

“Ekonomi digital ini mengajarkan kita semua terutama di masa pandemi covid 19 ini. Oleh sebab itu kita juga masih sama-sama mengincrease (meningkatkan) pertumbuhan atau penetrasi daripada ekonomi digital ini,” ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciptakan Inovasi

Di samping itu, Mendag meminta generasi muda Indonesia agar mampu menciptakan inovasi dan memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Tentunya, Pemerintah akan memastikan dan menjaga pasar digital dengan baik supaya pelaku usaha bisa bersaing dengan adil melalui platform digital.

“Saya memohon kepada generasi muda kita karena ini adalah teknologi kita memerlukan inovasi kita mesti bersama-sama bersatu untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Kami berjanji dari Kementerian perdagangan akan menjaga pasarnya memastikan semua yang bertarung di dalam e-commerce ataupun platform digital dengan sehat untuk menghasilkan perdagangan yang adil,” pungkasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.