Sukses

Wamendes Budi Arie Setiadi Resmikan Desa Wisata Situ Lebak Wangi Bogor

Pengembangan desa wisata merupakan realisasi dari janji Presiden Joko Widodo untuk dapat meningkatkan perekonomian di desa.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi meresmikan Wisata Situ Lebak Wangi di Desa Pamegarsari, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam peresmian desa wisata ini turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir, Bupati Bogor Ade Yasin, dan Anggota DPR RI Komisi VII Adian Napitupulu.

Budi Arie mengatakan, pengembangan desa wisata merupakan realisasi dari janji Presiden Joko Widodo untuk dapat meningkatkan perekonomian di desa.

"Desa wisata ini akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan karang taruna," jelas dia dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021).

Desa wisata akan sangat mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di sebuah daerah. Untuk itu, pemerintah melalui berbagai kementerian dan lembaga mendorong tumbuhnya desa wisata di berbagai daerah.

Sebelumnya, Ketua Umum Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Panca R Sarungu mengatakan, mempersiapkan desa wisata tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk memasarkan desa tersebut pun juga bisa dengan cepat. 

"Ini industri yang paling cepat bisa menggerakkan ekonomi yang bisa dibuat," ujar Panca pada Kamis 16 September 2021.

Pembenahan desa wisata utamanya di alam terbuka tidak membutuhkan waktu lama. Namun harus dibarengi dengan pemasaran yang masif di media sosial.

"Butuh 2 hingga 3 minggu dirapikan tempat wisatanya atau destinasinya dan dipasarkan (di media sosial). Itu langsung viral dan itu ada di alam terbuka ini sebuah langkah yang baik sekali," katanya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkelanjutan

Dia menambahkan, selama ini sudah banyak Kementerian Lembaga yang masuk membenahi desa wisata. Meski demikian, keterlibatan tersebut tidak berkelanjutan secara masif.

"Sebuah langkah yang baik atas inisiatif rekan-rekan karena memang banyak Kementerian Lembaga yang masuk ke desa wisata tapi masih parsial, bahkan banyak yang on and off," katanya.

Untuk itu, ke depan dibutuhkan kerja sama yang memadai agar desa wisata semakin maju. "Kerjasama stakeholder itu sangat penting. Tetapi harus berkelanjutan. Tidak boleh setengah-setengah," tandas Panca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.