Sukses

Bocoran Jadwal hingga Materi Tes SKB CPNS 2021

SKB merupakan ujian terakhir dari rangkaian seleksi CPNS. Karena itulah, setelah ujian SKB, panitia akan segera mengumumkan hasil kelulusan SKD dan SKB.

Liputan6.com, Jakarta - Proses seleksi CPNS 2021 kini masih berada pada tahap tes SKD. Setelah ujian tersebut usai, tentu masih ada tahapan lain lagi yang harus dilewati oleh para peserta.

Berdasarkan informasi dari website SSCASN BKN, Kamis (07/10/2021), setelah tes SKD CPNS usai, panitia akan segera mengumumkan hasil SKD tersebut.

Kemudian, pelamar CPNS 2021 yang dinyatakan lulus bisa melanjutkan proses ke tahap Ujian Seleksi Kompetensi Bidang atau disebut SKB CPNS.

Melihat dari informasinya, tes tersebut merupakan ujian terakhir dari rangkaian seleksi CPNS. Karena itulah, setelah ujian SKB, panitia akan segera mengumumkan hasil kelulusan SKD dan SKB.

Sementara itu, jika melihat dari Surat Kepala BKN No. 5587/B-KS.04.01/SD/K/2021, mulai 19 Oktober sampai 1 November 2021 ini merupakan waktu persiapan pelaksanaan SKB. Barulah pada 8 sampai 29 November 2021, pelaksanaan tes SKB CPNS dimulai.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bocoran Materi SKB

Dalam pelaksanaan ujian CPNS, baik SKD maupun SKB, itu ada materinya. Meski ujian SKB masih beberapa waktu lagi, peserta seleksi CPNS mungkin bisa mempersiapkan ujian dengan mengetahui apa saja materi tes SKB CPNS.

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, berikut ini materi yang diujikan pada tes SKB CPNS.

a. Psikotest

b. Tes potensi akademik

c. Tes kemampuan bahasa asing

d. Tes kesehatan jiwa

e. Tes kesegaran jasmani/tes kesamaptaan

f. Tes praktik kerja

g. Uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi

h. Wawancara; dan/atau

i. Tes lain sesuai persyaratan Jabatan

Sebagai informasi, ujian SKB akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT). Ujian tersebut akan diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.