Sukses

Harta Mark Zuckerberg Hilang USD 6 Miliar Dampak WhatsApp, Facebook, dan Instagram Down

Saham Facebook turun sekitar 5 persen pada Senin dampak dari padamnya layanan raksasa media sosial itu.

Liputan6.com, Jakarta - Saham Facebook turun sekitar 5 persen pada Senin dampak dari padamnya layanan raksasa media sosial itu. Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara seretak di berbagai negara di dunia.

Penurunan harga saham Facebook merugikan Mark Zuckerberg yang dalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan tersebut. Mark Zuckerberg menggenggam sekitar 15 persen saham Facebook. Dengan penurunan harga sama ini maka harta Mark hilang USD 6 miliar atau sekitar Rp 85 triliun (estimasi kurs 14.264 per dolar AS).

Dengan penurunan harta kekayaan ini, maka posisi Mark Zuckerberg juga turun dalam peringkat orang terkaya di dunia.

Dikutip dari Fox Business, Selasa (5/10/2021), menurut daftar miliarder real-time Forbes, penurunan itu memindahkan Zuckerberg dari posisi 5 ke posisi 6 dari daftar orang terkaya di dunia. kekayaan Mark di angka USD 116,8 miliar, tertinggal dari Larry Ellison yang sebesar USD 117,5 miliar.

Bill Gates berada di urutan ke-4 dengan kekayaan bersih USD 128,8 miliar, mengikuti posisi 3 Bernard Arnault dengan USD 173,3 miliar. Untuk Posisi 2 masih diduduii Jeff Bezos dengan USD 186,6 miliar, dan orang terkaya di dunia, Elon Musk, dengan USD 201,2 miliar.

Layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp down sekitar pukul 11 pagi pada hari Senin, dan pemadaman terus berlanjut hingga penutupan bursa di AS.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

WhatsApp, Facebook, dan Instagram Down di Seluruh Negara

Untuk diketahui, layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara seretak di berbagai negara di dunia. Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, Senin (4/10/2021), pukul 23.06 WIB, ada ribuan laporan yang masuk dari dari pengguna.

Tak hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, laporan yang masuk soal datang dari berbagai negara di dunia.

Saat berita ini di publish, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down sendiri ada sekitar 54 ribuan.

Untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1,691 dan 2,984 laporan yang masuk.

Butuh berjam-jam bagi Facebook untuk memulihkan layanannya yang tumbang berjamaah. Menurut The Verge, Selasa (5/10/2021), Facebook butuh waktu setidaknya 6 jam untuk memperbaiki layanannya Facebook, Instagram, dan WhatsApp down.

Diungkapkan pula oleh The Verge, ini merupakan gangguan terparah yang dialami Facebook, Instagram, dan WhatsApp sejak 2019. Saat itu layanan Facebook down lebih dari 24 jam dan membuat banyak bisnis kecil dan menengah serta kreator yang bergantung pada layanannya terdampak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.