Sukses

Dana Hasil ORI020 Digunakan Biayai APBN 2021, Salah Satunya Vaksinasi Covid-19

Seluruh dana hasil dari penerbitan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 akan digunakan untuk pembiayaan APBN 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman, mengatakan  seluruh dana hasil dari penerbitan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 akan digunakan untuk pembiayaan APBN 2021.

“Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI020 akan digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan APBN 2021,” kata Luky dalam pembukaan masa penawaran ORI020, Senin (4/10/2021).

Dia menjelaskan, penggunaan APBN ini termasuk pembiayaan untuk upaya Penanganan dan pemulihan dampak daripada covid-19, salah satunya untuk program vaksinasi.

Di mana total vaksinasi Indonesia menunjukkan tren peningkatan dengan total dosis vaksinasi merupakan salah satu tertinggi di dunia.

“Data September 2021 menunjukkan vaksinasi Indonesia sudah mencapai 136 juta dosis non booster atau mencapai 32,7 persen terhadap target. Program vaksinasi tersebut dipompa agar distribusi kesehatan dapat merata ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, dukungan untuk program kesehatan dalam rangka Penanggulangan sudah menjadi komitmen bersama di mana pendanaanya telah tertuang dalam APBN 2021, salah satunya melalui penyediaan anggaran biaya keperawatan pasien covid-19.

Adapun kata dia,  berdasarkan realisasi pembayaran klaim covid-19 perawatannya mencapai Rp 31,6 triliun. Anggaran sektor kesehatan lainnya mencakup juga insentif dan santunan nakes serta penambahan berbagai fasilitas isolasi dan Rumah Sakit darurat.

“Oleh karena itu masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dalam membiayai program pandemi dengan berinvestasi pada ORI020,” ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keistimewaan dari ORI020

Lebih lanjut, Luky menyebut salah satu keistimewaan dari ORI020 sebagai salah satu SBN ritel yaitu masyarakat selain mendapat keuntungan investasi tapi juga sekaligus ikut berpartisipasi dalam membangun Negeri.

“Berbeda dengan instrumen investasi lainnya ORI020 adalah pilihan instrumen investasi yang manfaatnya tidak hanya akan dirasakan untuk diri sendiri tapi juga untuk masyarakat Indonesia secara bersama-sama,” pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.