Sukses

Optimisme Mendag: Dunia Akan Saksikan dan Akui Potensi Indonesia lewat Dubai

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi membuka Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi membuka Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Mendag Lutfi optimistis, Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai akan membuat pengunjung dari berbagai negara di dunia terkesima, sehingga mengakui potensi sangat besar Indonesia.

Dengan mengangkat tema Creating the Future, From Indonesia to the World, Paviliun Indonesia dikatakannya siap menyambut para pembeli dan investor dari seluruh dunia.

"Paviliun Indonesia yang menampilkan tiga zona waktu Yesterday, Today, and Tomorrow akan membuka mata dunia untuk melihat kekuatan masa lalu, sekarang, dan masa depan Indonesia sebagai kekuatan global. Kami berharap, dunia akan menyaksikan dan mengakui kepulauan kita sebagai peluang untuk berdagang, berinvestasi, dan berkunjung," kata Lutfi dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/10/2021).

Gelaran Expo 2020 Dubai ini sekaligus mempromosikan pesona budaya Indonesia untuk menarik para pengunjung. Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 1.860 m2 dan luas bangunan sekitar 3.000 m2.

Paviliun Indonesia terdiri dari tiga lantai dan terletak di zona Opportunity District dengan konsep Indonesia Emas 2045.

Mendag Lutfi menganggap Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai akan menjadi rumah bagi sejumlah pelaku usaha Tanah Air di Uni Emirat Arab untuk beberapa bulan ke depan.

"Paviliun Indonesia akan menjadi rumah kami di Dubai untuk beberapa bulan ke depan dan menjadi jendela Indonesia untuk dunia. Kami ingin memperkuat kemitraan global untuk berbagai budaya dan kuliner kami," tutur dia.

Terdapat lebih dari 300 produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan ditampilkan di Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. Menurut Lutfi, itu merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada 64 juta UMKM Indonesia untuk go global.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekonomi Digital

Dia menuturkan, Paviliun Indonesia menampilkan para kapten industri dan para juara ekonomi digital. Selanjutnya, akan dilakukan presentasi dengan meluncurkan kampanye gastrodiplomatic, yakni kampanye membumbui dunia yang akan dilaksanakan akhir tahun ini.

"Selama periode pameran, kami juga akan menyelenggarakan serangkaian program untuk menyajikan kekayaan negara kami. Sejumlah 26 tema mingguan dan lebih dari 75 forum bisnis dalam format hibrida siap diselenggarakan. Kegiatan tersebut juga didukung oleh 22 kementerian dan lembaga, 8 pemerintah provinsi, dan mitra-mitra perusahaan kami," paparnya.

Menurut dia, keikutsertaan pada Expo 2020 Dubai ini juga akan membuat dunia mengakui komitmen Indonesia dalam turut mengambil bagian terkait isu-isu global. Selain itu, juga menegaskan kembali komitmen kita untuk bekerja mewujudkan kesejahteraan planet bumi dengan fokus pada pembangunan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim.

"Kita tidak boleh lagi mengabaikan potensi besar bangsa kita untuk rakyat Indonesia sendiri dan untuk dunia. Dengan semangat Creating the Future, From Indonesia to the World, kami berkontribusi untuk secara global bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik," pungkas Mendag Lutfi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.