Sukses

Dolar AS Tertekan, Harga Emas Naik di Akhir Pekan

Harga emas naik lebih tinggi pada hari Jumat karena dolar AS yang lebih lemah dan kekhawatiran tentang kenaikan inflasi di AS

Liputan6.com, Jakarta Harga emas naik lebih tinggi pada hari Jumat karena dolar AS yang lebih lemah dan kekhawatiran tentang kenaikan inflasi dan risiko terhadap pertumbuhan melawan taruhan untuk kenaikan suku bunga yang menjulang. Ini menjaga emas di jalur untuk kenaikan mingguan kecil.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (2/10/2021), harga emas di pasar spot gold naik 0,1 persen pada USD 1.759,13 per ounce. Harga emas berjangka AS ditutup naik 0,1 persen pada USD 1.758,4.

Dolar mundur, membuat harga emas lebih murah dalam mata uang lain, mendorong permintaan.

Harga emas berada di jalur untuk kenaikan mingguan pertama sejak 3 September, naik sekitar 0,5 persen sejauh ini, karena penurunan dolar pada hari Kamis membantunya melambung sekitar 2 persen.

Penurunan dolar AS dan imbal hasil obligasi yang lebih rendah mendukung emas. Sementara investor memposisikan ulang untuk kuartal keempat, kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Membantu daya tarik emas, saham Eropa dan Asia jatuh di tengah kekhawatiran tentang inflasi dan kemungkinan perlambatan pertumbuhan.

"Siapa pun yang mencoba meyakinkan pelaku pasar bahwa inflasi tidak ada di sini, itu permainan bodoh," kata analis Saxo Bank Ole Hansen.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman Krisis Eropa dan China

Dia menambahkan bahwa melonjaknya harga energi karena krisis di China dan Eropa kemungkinan akan memukul pertumbuhan dan pendapatan dan menyebabkan volatilitas. Oktober, yang akan mendukung emas.

Prospek bahwa Fed AS mungkin masih mengurangi dukungan ekonomi tahun ini menekan emas, beberapa analis mengatakan, karena pengurangan stimulus dan suku bunga yang lebih tinggi cenderung mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik, meningkatkan biaya peluang emas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.