Sukses

Kenali Pentingnya Personal Branding Saat Punya Bisnis Online

Personal branding memiliki peran penting untuk menjalankan bisnis daring.

Liputan6.com, Jakarta Personal branding memiliki peran penting saat menjalankan bisnis daring. Koneksi yang terhubung saat ini tidak lagi harus dilakukan secara tatap muka, tetapi bisa dilakukan secara daring. Ditambah, peralihan usaha secara daring sudah banyak dilakukan.

Salah satu pemicu adanya perubahan tersebut adalah munculnya media sosial LinkedIn yang dirilis pada 2003.

Sebuah platform digital yang dapat menciptakan tempat dan aktivitas Anda untuk berbagi seputar pengalaman pekerjaan secara profesional yang berbasis digital,

Sejak saat itu, melansir dari Forbes, Sabtu (2/10/2021), evolusi komunikasi mulai banyak bermunculan, seperti melakukan forum dan rapat secara daring atau jarak jauh⎼sama seperti yang kita semua rasakan hari-hari ini. 

Berpapasan dengan munculnya pandemi, peralihan digital sebenarnya tidak terlalu berbeda. Hanya saja, sebelum adanya pandemi, penggunaan aplikasi dan menghadiri acara online tidak semasif sekarang.

Semua menjadi baru, terutama bagi karyawan yang melamar dan baru bekerja resmi di sebuah perusahaan yang belum pernah ia kunjungi secara langsung.

Menguasai personal branding digital adalah kunci bila Anda ingin meningkatkan kesuksesan dan kebahagiaan di tempat kerja.

Sebelum membahas lebih lanjut, terdapat tiga prinsip dari personal branding antara lain sebagai berikut.

  1. Didasarkan pada sesuatu yang asli, benar, dan nyata.
  2. Berkaitan dengan diferensiasi, yaitu melakukan hal yang menonjol dan berbeda dibandingkan dengan orang lain.
  3. Memberikan nilai yang membuat Anda menjadi seseorang yang lebih menarik sehingga memengaruhi persepsi orang lain dalam melihat Anda.

Melalui tiga prinsip ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu agar dapat mempersiapkan dan mengedepankan personal branding Anda secara publik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Personal Branding

1. Kuasai Kesan Pertama 

Kesan pertama yang dibangun secara daring harus selaras dan sesuai dengan diri Anda di dunia nyata. Profil Anda ke depannya akan menjadi tempat yang paling sering dikunjungi orang-orang untuk memeriksa kinerja dan kapasitas Anda secara profesional.

Bahkan jika melakukan pencarian di mesin pencari, pastikan deskripsi dan biodata Anda kredibel dan menggunakan gaya yang disukai oleh audiens sehingga mempermudah pencarian profil Anda.

Mengunggah konten secara profesional dapat menggunakan Facebook atau LinkedIn. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk mempelajari dan mengetahui Anda secara pribadi dan emosional.

2. Kembangkan Jaringan Digital

Hubungan di dunia nyata dengan online harus sama agar Anda tetap terlihat sebagai seseorang yang penting dalam karier yang sedang dikerjakan.

Tips yang dapat diberikan adalah urutkan dan paparkan nama surel Anda serta tambahkan koneksi di media sosial lainnya agar orang lain juga dapat melihat Anda di berbagai platform yang berbeda.

Setelah itu, ciptakan kebiasaan baru untuk menambahkan orang baru atau orang-orang terdekat ke laman Anda untuk memperluas jaringan. Manfaat yang akan diterima adalah menjaga koneksi lingkungan pekerjaan Anda secara digital.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Tunjukan Potensi Anda

Ketika terbiasa memimpin berjalannya rapat secara luring sebelum adanya pandemi, orang-orang akan mengingat Anda sebagaimana Anda tampil secara tatap muka. 

Kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan dengan menonjolkan personal branding Anda saat menggunakan teknologi konferensi untuk menunjukkan bahwa Anda menguasai interaksi secara virtual.

Namun, perlu dipastikan untuk selalu rendah hati dan memiliki keinginan untuk terus belajar. Perlakukan setiap orang dengan sama pentingnya. Nilai-nilai dan sikap tersebut yang akan membentuk gambar dan citra Anda di mata semua orang.

4. Selalu Ada Untuk Audiens

Anda harus selalu terlihat, tersedia, dan berharga bagi audiens yang sudah ditargetkan. Ketika menjalani bisnis atau usaha, unggahan konten menjadi elemen penting untuk melakukan promosi.

Tentukan jadwal untuk mengunggah konten jika Anda ingin apa yang diunggah dapat memengaruhi orang lain. Kemudian, buatlah rencana untuk selalu berada selangkah lebih maju.

Yang terpenting, ingatlah untuk memperkuat ciri-ciri merek Anda di setiap langkah.

Reporter: Caroline Saskia

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini