Sukses

Tes SKD CPNS 2021 Kemenko Marves Digelar, Sesmenko Beri 3 Pesan

Tercatat sebanyak 89 peserta yang mendaftar di Kemenko Marves mengikuti tes SKD CPNS 2021.

Liputan6.com, Jakarta Tes SKD CPNS 2021 Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi kembali berlangsung di Secaba Rindam III Siliwangi, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 30 September 2021.

Tercatat sebanyak 89 peserta yang mendaftar di Kemenko Marves mengikuti tes SKD CPNS 2021. Selain, Kemenko Marves juga ada peserta dari Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kabupaten Belitung Timur.

Tes seleksi ini dihadiri secara langsung Sekretaris Kementerian Koordinator, Agung Kuswandono. Dia pun memberikan pesan kepada para peserta.

“Selamat melaksanakan tes bagi Kemenko Marves, BNN, dan Kabupaten Belitung Timur. Selamat berjuang dan diberikan jalan yang terbaik. Sukses selalu kami menunggu anak-anak yang mendaftar dan bergabung di Kemenko Marves,” ujar dia dalam keterangannya.

Dia mengatakan jika untuk jadi CPNS, menjadi bagian dari Pemerintah minimal ada 3 hal yang harus dikuasai peserta.

"Pertama, knowledge atau ilmu pengetahuan. Nanti setelah menjadi PNS tidak hanya sekedar seperti kerja di kampus. Anda harus paham tentang aturan kenegaraan, aturan hukum, aturan kepegawaian, dan aturan internasional. Tergantung dari keahlian masing-masing dan disitulah Anda akan belajar saat masuk sampai seterusnya,” kata dia dalam keterangannya, Kamis (30/9/2021).

Hal kedua yang harus dikuasai adalah skill atau keterampilan. Dia mencontohkan peserta SKD CPNS 2021 yang kini melakukan ujian dengan menggunakan skill tertentu yaitu dengan menggunakan laptop dan harus bisa mengoperasikannya.

Tidak kalah penting yang ketiga yaitu atittude atau perilaku. “Menjadi PNS Anda harus menahan diri karena kita bagian dari Pemerintah, ada organisasi, hierarki, birokrasi dan ada tata krama yang dipegang,” tambah dia.

Sesmenko Agung menyampaikan pesan agar para peserta semangat dan yakin dalam mengerjakan tes SKD hari ini.

Kemudian jangan pantang menyerah. "Kalau belum berhasil bisa diulang lagi tahun depan. Doa restu orang tua atau keluarga jangan lupa. Semangat untuk belajar jangan pernah berhenti,” pesan Sesmenko Agung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Diingatkan Soal Calo

Kepala Kantor BKN Regional III Bandung, Tauchid Djatmiko juga menyampaikan komitmen tim dari BKN yang sudah menandatangani pakta integritas.

Pakta menyatakan jika memang ada dari tim melanggar atau melakukan tindakan diluar ketentuan yang ada, BKN sanggup untuk memberikan hukuman sampai pembebasan tugas.

Ia berpesan kepada para peserta bahwa seleksi CPNS melalui CAT ini diselenggarakan secara cepat, akuntabel, dan transparan. Skor nanti juga bisa dilihat secara publik lewat youtube.

“Jika ada oknum atau orang yang berjanji dapat membantu agar bisa diterima CPNS, saya yakinkan itu adalah penipuan. Hal ini karena tidak ada satupun yang bisa mengintervensi seleksi CPNS ini,” lanjutnya.

Turut hadir dalam tes SKD CPNS kali ini mendampingi Sekretaris Kementerian Koordinator, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Perencanaan, Kepala Biro Komunikasi, dan Inspektur. Pada tes SKD kali ini, nilai tertinggi yang diraih peserta adalah 471 dari maksimal nilai 550.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.