Sukses

Harga Emas Anjlok Akibat Penguatan Dolar AS

Harga emas di pasar spot turun 0,7 persen menjadi USD 1.722,50 per ons

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas jatuh pada perdagangan Rabu karena nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) naik dan meningkatnya kepercayaan bahwa Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan segera mulai mengurangi kebijakan yang mendukung terhadap ekonomi.

Dikutip dari CNBC, Kamis (30/9/2021), harga emas di pasar spot turun 0,7 persen menjadi USD 1.722,50 per ons, setelah mencapai level terendah sejak 10 Agustus di USD 1.720,49.

Sedangkan harga emas berjangka AS menetap 0,8 persen lebih rendah pada USD 1.722,9.

Analis Senior Kitco Metals, Jim Wyckoff mengatakan, Penguatan dolar AS telah membatasi kenaikan emas, membuat logam mulia tersebut lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

"(Jika) pasar saham menjadi tidak stabil lagi, emas dapat melihat permintaan safe-haven yang lebih baik memasuki bulan Oktober yang bergejolak secara historis,” tambah Wyckoff.

Dolar, sebagai safe haven alternatif, menguat ke level tertinggi satu tahun terhadap mata uang lain, meskipun kebuntuan di Washington atas plafon utang AS mengancam akan menjerumuskan pemerintah ke dalam penutupan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbal Hasil Treasury AS

Memberikan sedikit kelonggaran untuk harga emas yaitu berkurangnya imbal hasil Treasury AS 10-tahun meskipun tetap bertahan di atas 1,5 persen. Ini menjadi level yang tidak terlihat sejak akhir Juni, masih menjadi tantangan bagi emas.

Analis FXTM Lukman Otunuga mengatakan imbal hasil telah meningkat di tengah ekspektasi untuk kenaikan suku bunga yang lebih cepat dari perkiraan oleh The Fed, yang dapat diterjemahkan menjadi lebih banyak kerugian untuk emas.

Di logam lain, harga perak turun 4,3 persen menjadi USD 21,47 per ounce dan platinum turun 2,3 persen menjadi USD 944,88. Sedangkan Palladium turun 1,4 persen menjadi USD 1.850,00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.