Sukses

AirAsia Kembali Terbang Mulai 2 Oktober 2021, Ini Rute dan Jadwalnya

Maskapai AirAsia Indonesia kembali membuka penerbangan komersial di Indonesai mulai Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia kembali mengoperasikan penerbangan berjadwal secara bertahap mulai 2 Oktober 2021. Rute penerbangan AirAsia Indonesia adalah Jakarta-Bali dan Jakarta-Kuala Lumpur.

Tiket untuk rute-rute tersebut akan tersedia untuk dipesan di aplikasi super airasia, web airasia.com, agen perjalanan dan mitra penjualan AirAsia lainnya.

“Kami telah mempersiapkan seluruh kru dan armada kami untuk dapat segera melayani kembali penerbangan berjadwal dan memastikan keselamatan dan keamanan terbang bersama AirAsia," ujar Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, Rabu (29/9/2021).

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap selalu mematuhi protokol keselamatan dan anjuran kesehatan yang berlaku serta memenuhi persyaratan perjalanan yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Maskapai ini memastikan menggunakan pesawat A320 dan menerapkan standar protokol keselamatan yang ketat.

Seperti sistem penyaringan udara kabin yang memperbarui udara setiap 2-3 menit, dan sirkulasi udara dalam kabin yang mengarah vertikal ke bawah sehingga mampu meminimalisir risiko penularan saat terbang.

Sebelum bepergian, seluruh calon penumpang yang akan melakukan perjalanan domestik di Indonesia diimbau untuk mengikuti panduan penting untuk perjalanan sebagai berikut:

Seperti hasil tes Covid-19 dan sertifikat vaksin. "Anda harus memastikan tes Covid-19 dilakukan oleh fasilitas kesehatan yang disebutkan dalam keputusan Menkes RI dan hasil tes telah tersedia di aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan," tegas dia.

Selain itu, penumpang diimbau untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan. Silakan melihat persyaratan perjalanan udara terbaru di sini.

Penumpang juga wajib sebelum, selama, dan setelah penerbangan memakasi masker. "Penumpang tidak diperkenankan mengenakan masker dengan katup terbuka di dalam penerbangan AirAsia," tegas maskapai ini.

Untuk Self Check-in melalui kios sementara tidak tersedia. Penumpang diminta menuju ke salah satu konter check-in di bandara untuk memverifikasi persyaratan perjalanan, mencetak boarding pass atau menyerahkan bagasi terdaftar.

Penumpang dianjurkan untuk tiba 3 jam sebelum waktu keberangkatan agar dapat menyelesaikan semua proses pemeriksaan secara lebih nyaman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerapan Standar di Darat dan Udara

Untuk memastikan standar keselamatan dan kesehatan tertinggi selalu diterapkan dengan baik, AirAsia telah melakukan sejumlah pengetatan prosedur selama di darat maupun di udara.

Di darat

- AirAsia menerapkan opsi pembayaran digital

Semua konter layanan AirAsia didukung oleh fasilitas pembayaran minim kontak yang menerima pembayaran digital menggunakan perbankan online dan transaksi kartu kredit/debit.

- Sistem Rekonsiliasi Penumpang (PRS)

Sistem ini memastikan pengurangan penanganan fisik boarding pass oleh petugas di bandara.

- Boarding secara bertahap

Proses boarding atau naik/turun pesawat akan dilakukan secara bertahap mulai dari penumpang di barisan kursi belakang hingga ke depan.

Penumpang di Zona 2 (kursi belakang) dipersilakan untuk naik pesawat terlebih dahulu, diikuti dengan penumpang di Zona 3 (kursi tengah) dan Zona 1 (kursi depan). Kebijakan ini memastikan kelancaran proses naik/turun pesawat dan meminimalkan kontak antar tamu dan kru kami.

Di udara

- Penerapan High-Efficiency Particulate Arrestors (HEPA) Filters

Seluruh armada AirAsia telah dilengkapi dengan fitur penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Arresters) yang dapat menyaring 99.9% partikel debu dan kontaminan di udara seperti virus dan bakteri dan memperbarui udara setiap 2-3 menit.

- Seluruh awak kabin telah vaksin lengkap.

Semua penerbangan AirAsia hanya akan dioperasikan oleh pilot dan awak kabin yang telah divaksinasi dengan dosis lengkap. Staf operasi di darat termasuk di terminal dan petugas layanan penanganan bagasi juga sudah divaksin lengkap.

- Alat Pelindung Diri (APD)

Semua pilot, awak kabin dan petugas darat AirAsia akan mengenakan APD baik di darat maupun selama penerbangan termasuk masker wajah dan sarung tangan.

- Desinfeksi pesawat secara menyeluruh

Seluruh armada yang digunakan didesinfeksi secara menyeluruh segera setelah selesai penerbangan sesuai dengan standar keselamatan operasional AirAsia dan instruksi dari otoritas kesehatan, sehingga penumpang dapat bepergian dengan tenang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.