Sukses

Jelang Dilebur ke PPI, BGR Logistics Catat Kinerja Positif

BGR Logistics dipastikan akan dilebur ke PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)

Liputan6.com, Jakarta PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics dipastikan akan dilebur ke PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero). Saat ini, rencana merger dua BUMN tersebut masih dalam tahap integrasi.

Meski demikian, di tengah integrasi, BGR Logistics memperoleh predikat kinerja “sangat bagus” ke 1 dengan skor 93,54 untuk rating BUMN jasa pergudangan dalam ajang “Rating BUMN & Rating Industri Keuangan dan Perbankan Syariah 2021” yang dilakukan oleh majalah Infobank dan di tulis dalam majalah Infobank edisi 521 September 2021.

Predikat yang dicapai BGR Logistics tidak terlepasatas atas kinerja Perusahaan periode tahun 2020 yang mampu bertahan di tengah pandemi covid-19, mampu menjaga eksistensi bisnis dan masih bisa mencapai target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2020.

Di tahun 2020 BGR Logistics mampu meraih pendapatan sebesar Rp 1,1 triliun dengan laba bersih tahun berjalan Rp 75 miliar. Meskipun ditengah pandemi covid-19, BGR Logistics juga masih menunjukan kinerja positif diantaranya dengan tumbuhnya aktiva sebesar 3,75 persen, ekuitas sebesar 5 persen, pertumbuhan laba sebesar 5 persen dengan tolat bobot pertumbuhan sebesar 18,75 persen.

Selain itu infobank juga mencatat perusahaan-perusahaan yang justru mengalami perbaikan solvabilitas di tengah pandemic covid-19. Salahsatunya adalah BGR Logistics yang semula solvabilitasnya 158,25 persen menjadi 33,49 persen.

Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo menyampaikan bahwa pandemi covid-19 membuat seluruh sektor bisnis di Indonesia terdampak dan tidak terkecuali sektor logistik.

Tidak sedikit sektor usaha yang merugi dan tidak sedikit juga perusahaan maupun bisnis yang terpaksa tutup karena sudah tidak mampu lagi menjalankan bisnisnya karena kondisi ini.

"Hal ini merupakan tantangan besar bagi kami untuk dapat menjaga eksistensi bisnis dan tetap bertahan dimasa pandemi covid-19. Bukan hal yang mudah karena pembatasan-pembatasan serta banyak sekali kebijakan Pemerintah untuk menanggulangi pandemi covid19 ini berdampak bagi para pelaku usaha di Indonesia, termasuk BGR Logistics," kata Kuncoro dalam ketarangannya, Selasa (28/9/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transformasi Teknologi

Namun, BGR Logistics yang telah memulai transformasi bisnis sejak akhir 2018 justru bisa bertahan terhadap kondisi ini. Dengan digitalisasi bisnis proses di internal, membuat BGR bisa menjalankan bisnis ditengah pandemi covid-19.

"Sebagai contohnya, karena BGR Logistics di sektor jasa logistik, maka penting sekali bagi kami untuk tetap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan secara realtime dan tepat. Hal itu dapat kami lakukan berkat digitalisasi yang kami lakukan," tambah Kuncoro.

Pergerakan barang di gudang maupun disaat perjalanan dari hulu sampai hilir dapat termonitor dengan baik, ini poin penting bagi pelanggan.

Selain itu, BGR Logistics sudah memulai inovasi bisnis baru, yaitu aplikasi “Warung Pangan” yang di inisiasi oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi & UKM untuk membantu para UMKM bertahan ditengah pandemi covid-19 dan nantinya untuk mendukung Katahanan Pangan di Indonesia.

Dari sisi internal, perbaikan-perbaikan dan transformasi juga dilakukan untuk mendukung bisnis perusahaan. Pembenahan dan digitalisasi sistem administrasi, keuangan, dan tata Kelola Perusahaan, urusan kepegawaian, peningkatan kompetensi karwayan, serta pendukung bisnis lainnya juga terus dilakukan.

"Hal-hal yang disebutkan di atas membuat BGR Logistics dipercaya oleh Pelanggan ditengah pandemi covid-19 sehingga eksistensi bisnis dapat kami jaga yang berdampak positif bagi kinerja kami di tahun berjalan," akhir Kuncoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) adalah perusahaan BUMN bergerak di bidang jasa penyewaan dan pengelolaan ruangan dan pengiriman barang.

    BGR Logistics

  • Logistik