Perjalanan Karier Tukul Arwana, dari Sopir hingga Jadi Komedian dan Presenter Terkenal

Oleh Liputan6.com pada 28 Sep 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 18:00 WIB
Transformasi Tukul Arwana (kapanlagi.com)
Perbesar
Transformasi Tukul Arwana (kapanlagi.com)

Liputan6.com, Jakarta - Tukul Arwana harus menjalani operasi karena pendarahan otak di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur. Pendarahan otak yang dialaminya terjadi pada Rabu, 22 September 2021.

Setelah menjalani operasi, Tukul sedang dalam proses pemulihan dan masih membutuhkan perawatan yang intensif. Hal tersebut diinformasikan oleh Manajer Tukul Arwana, Rizky Kimon.

Pria berusia 57 tahun dikenal sebagai komedian sekaligus presenter dalam berbagai program televisi Indonesia. Salah satunya adalah program talkshow Tukul Arwana One Man Show.

Bukan perjalanan yang mudah bagi Tukul untuk mencapai posisinya saat ini hingga membuat namanya dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ia tidak datang dari keluarga dengan latar belakang perekonomian yang baik. Bahkan, Tukul pernah menjadi sopir untuk membantu perekonomian keluarganya.  

Kerja keras yang sudah dijalaninya sejak kecil membuahkan hasil. Lebih lanjut, simak perjalanan karier Tukul Arwana, seperti yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Alami Kesulitan Perekonomian

Transformasi Tukul Arwana (kapanlagi.com)
Perbesar
Transformasi Tukul Arwana (kapanlagi.com)

Pemilik nama asli Tukul Riyanto ini lahir di Purwosari, Semarang, pada 16 Oktober 1963. Bakat untuk melawak sudah terlihat dalam diri Tukul sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Alhasil, ia mulai mengikuti berbagai perlombaan melawak, mulai dari tingkat Kota Madya Semarang hingga nasional.

Tukul diangkat menjadi anak oleh tetangganya yang bernama Suwandi. Namun, keluarga angkatnya mengalami kesulitan perekonomian saat Tukul duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 3. Tak tinggal diam, Tukul mulai bekerja untuk mencari tambahan penghasilan.

Setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (SMA), Tukul pernah menjadi sopir angkutan umum dan sopir truk. Meskipun demikian, ia tidak meninggalkan minatnya dalam dunia komedi.

Tukul memutuskan untuk pindah ke Jakarta pada 1992. Akan tetapi, perjuangannya untuk memperbaiki perekonomian keluarga masih belum berakhir. Ia sempat menjadi sopir pribadi di kota metropolitan itu.

Tiga tahun berikutnya yaitu pada 1995, Tukul menikah dengan istrinya, Susiana. Setelah menikah, ia bekerja di Radio Humor SK. Bagito, Patrio, dan Ulfa Dwiyanti juga diketahui bekerja di tempat yang sama.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Roda Kehidupan Mulai Berputar

Maria Vania
Perbesar
Maria Vania saat menjadi co-host One Man Show Indosiar bersama Tukul Arwana. (Vidio.com)

Tukul mendapatkan kesempatan menjadi model video klip lagu “Air” yang dibawakan oleh penyanyi cilik Joshua Suherman pada 1997.

Roda kehidupannya mulai berputar. Ia mendapatkan berbagai penawaran untuk menjadi pengisi acara televisi.

Tukul diberikan kepercayaan untuk memandu program talkshow bernama Empat Mata yang tayang pada 2006. Program tersebut berhasil meraih kesuksesan besar.

Popularitas Tukul semakin meningkat. Ia dipercaya menjadi bintang iklan berbagai produk dan bermain dalam film layar lebar “Otomatis Romantis dan Cinlok” pada 2008.

Selain berkiprah di dunia entertainment, Tukul juga memiliki bisnis sampingan dalam bidang kuliner dan penginapan. Ia membuka restoran yang menjual bakso, serta kontrakan dan indekos yang totalnya dikabarkan mencapai 200 kamar.

 

Reporter: Shania

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya