Sukses

Daftar 10 Desa Terbaik se-Indonesia Dalam Penerapan Keterbukaan Informasi Publik

Apresiasi Implementasi keterbukaan informasi publik kepada 10 Desa terbaik se-Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Informasi Pusat, dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan Apresiasi Implementasi keterbukaan informasi publik kepada 10 Desa terbaik se-Indonesia.

Hal ini dalam rangka memperingati Right to Know Day (RTKD) atau Hari Hak Untuk Tahu Internasional yang diperingati setiap 28 September.

Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana mengatakan, pemaknaan peringatan Right to Know day sudah selayaknya bukan hanya sekedar seremonial belaka tanpa makna. Melainkan mengenai pelaksanaan dari semua prinsip utama Right to Know day.

“Pemaknaan tersebut harus tersebar secara meluas hingga ke tingkat desa-desa di seluruh Indonesia,” kata Gede dalam Peringatan Right To Know Day, Selasa (18/9/2021).

Tepat hari ini pada peringatan Right to Know day tahun 2021, Komisi informasi pusat bersama Kementerian desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Bakti kominfo, serta komisi informasi provinsi di Indonesia dalam kurun waktu 5 bulan terakhir melakukan implementasi Keterbukaan Informasi Publik desa.

“Kami berikan apresiasi tertinggi kepada 10 desa yang memiliki nilai tertinggi dalam melakukan Keterbukaan Informasi Publik,” ujarnya.

Menurutnya, apresiasi kepada desa yang melakukan kepatuhan keterbukaan informasi tersebut merupakan bentuk komitmen bahwa Keterbukaan Informasi publik juga dilaksanakan sampai dengan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 10 Desa Terbaik

Berikut 10 Desa terbaik se-Indonesia yang mengimplementasikan Keterbukaan informasi publik:

1.       Desa Sendang Wonogiri, Jawa Tengah

2.       Desa Punggul, Badung, Bali

3.       Desa Blang Kolak 1, Aceh Tengah, Aceh

4.       Desa Cibiru Wetan, Bandung, Jawa Barat

5.       Desa Kumbung Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

6.       Desa Kabuna, Belu, Nusa Tenggara Timur

7.       Desa Pohea Sanana, Maluku Utara

8.       Desa Karangsari Kulonprogo, DIY

9.       Desa Kedungsumber, Bojonegoro, Jawa Timur

10.     Desa teluk Kapuas Kubu Raya, Kalimantan Barat   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.