Sukses

Google Ulang Tahun ke-23, Intip Harta Pendirinya Larry Page

Google didirikan Larry Page pada tahun 1998 bersama rekannya sesama mahasiswa Stanford Sergey Brin.

Liputan6.com, Jakarta Google, laman pencarian global merayakan ulang tahun yang ke-23. Nama Larry Page dan Sergei Brin menjadi sosok yang berada di balik kesuksesan perusahaan raksasa ini.

Page memang sudah mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet, induk Google, pada Desember 2019. Namun dia masih memegang jabatan sebagai anggota dewan dan pemegang saham pengendali.

Mengutip Forbes, Senin (27/9/2021), Page tercatat memiliki kekayaan hingga USD 121,6 miliar setara Rp 1.733 triliun pada momen ulang tahun Google ini.

Dia mendirikan Google pada tahun 1998 bersama rekannya sesama mahasiswa Stanford Sergey Brin. Bersama Brin, Page menemukan algoritma PageRank Google, yang menggerakkan mesin pencari.

Page menjadi CEO hingga 2001, ketika Eric Schmidt mengambil alih, dan kemudian dari 2011 hingga 2015, ketika ia menjadi CEO perusahaan induk baru Google, Alphabet.

Dia adalah investor pendiri di perusahaan eksplorasi ruang angkasa Planetary Resources dan juga mendanai startup "mobil terbang" Kitty Hawk dan Opener.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Nama dari Kesalahan

Ternyata ada kisah menarik di balik lahirnya nama Google. Usai setahun bekerja sama dalam proyek BackRub, Larry dan Sergey mengganti nama mesin pencarinya menjadi Google, pada 1997 .

Terkuak jika nama 'Google' lahir dari salah pengejaan kata 'Googol'. Page dan Brin mengambil nama ini dari istilah matematika yang berarti angka yang sangat besar, yaitu angka 1 yang diikuti 100 angka 0 atau 10 pangkat 100.

Nama ini dinilai cocok karena sesuai dengan misi yang mereka mau, yaitu mengelola google mampu menampilan informasi di web yang tak terhitung jumlahnya.

Secara resmi, Google berdiri pada 4 September 1998, di Menlo Park, California. Terus tumbuh bahkan  pada 2001, tepatnya pada bulan September, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) mengantongi hak paten Amerika.

Ini diberikan secara resmi untuk Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.