Sukses

Harga Minyak Cetak Rekor Termahal dalam 3 Tahun

Harga minyak mentah Brent berjangka naik 84 sen atau 1,1 persen menjadi USD 78,09 per barel.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak stabil pada hari Jumat di level USD 77,50 per barel dan menuju kenaikan mingguan ketiga berturut-turut. Kenaikan harga minyak ini karena gangguan produksi global yang telah memaksa perusahaan energi untuk menarik sejumlah besar minyak mentah dari persediaan.

Reli harga minyak sedikit diredam oleh penjualan publik pertama cadangan minyak mentah negara di China.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (25/9/2021), harga minyak mentah Brent berjangka naik 84 sen atau 1,1 persen menjadi USD 78,09 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 68 sen atau 0,9 persen menjadi USD 73,98.

Ini menjadikan penutupan tertinggi untuk harga minyak Brent sejak Oktober 2018 dan untuk WTI sejak Juli 2021.

Kenaikan harga minggu ketiga untuk Brent dan yang kelima untuk WTI sebagian besar karena gangguan output Pantai Teluk AS dari Badai Ida pada akhir Agustus.

New York Harbour Ultra Low Sulphur Diesel (ULSD) berjangka juga ditutup pada level tertinggi sejak Oktober 2018.

"Karena harga minyak berada di jalur untuk menutup kenaikan satu minggu lagi, pasar menilai dampak gangguan pasokan yang berkepanjangan, dan kemungkinan penarikan penyimpanan yang akan diperlukan untuk memenuhi permintaan kilang," kata Louise Dickson, analis pasar minyak senior di Energi Rystad.

Beberapa gangguan produksi minyak yang berlangsung selama berbulan-bulan telah menyebabkan penarikan tajam dalam persediaan AS dan global.

Penyulingan minyak AS sedang berburu untuk menggantikan pasokan minyak mentah Teluk, beralih ke minyak Irak dan Kanada, kata para pedagang.

Beberapa anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, telah berjuang untuk meningkatkan produksi karena kurangnya investasi atau penundaan pemeliharaan selama pandemi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Minyak Global

Rusia mengatakan akan tetap menjadi pemasok energi yang andal ke pasar global. Raksasa gas Rusia, Gazprom dituduh terlalu sedikit untuk meningkatkan pasokan gas alamnya ke Eropa, di mana harga telah melonjak.

Iran, yang ingin mengekspor lebih banyak minyak, mengatakan akan kembali ke pembicaraan tentang melanjutkan kepatuhan dengan kesepakatan nuklir Iran 2015, tetapi tidak memberikan tanggal spesifik.

Produsen minyak terbesar Kazakhstan, Tengizchevroil (TCO) yang dipimpin Chevron, akan menunda komponen proyek ekspansi senilai USD 45,2 miliar selama tiga hingga tujuh bulan.

Di Amerika Serikat, perusahaan pengeboran minyak menambahkan 10 rig pada minggu ini, membuat jumlah rig minyak dan gas naik selama 14 bulan berturut-turut.

Brent bisa mencapai level USD 80 pada akhir September karena penarikan saham, produksi OPEC yang lebih rendah dan permintaan Timur Tengah yang lebih kuat, tulis analis UBS.

Penjualan publik pertama China atas cadangan minyak negara membatasi kenaikan harga minyak mentah. PetroChina dan Hengli Petrochemical membeli empat kargo dengan total sekitar 4,43 juta barel, kata sebuah sumber.

Analis juga mencatat China Evergrande yang berhutang tetap menjadi risiko terhadap harga minyak setelah unit mobil listrik perusahaan memperingatkan menghadapi masa depan yang tidak pasti kecuali mendapat suntikan uang tunai dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.