Sukses

SKD CPNS 2021 Kemendag Dimulai, 11.764 Peserta Bersaing Rebut 344 Formasi

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memulai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemendag 2021

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan (Kemendag) memulai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemendag 2021 bagi 11.764 pelamar mulai 23 September—9 Oktober 2021 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemendag, Depok,  Jawa Barat. Kemendag membuka 344 formasi, termasuk disabilitas.

Terdapat tiga materi yang diujikan dalam SKD, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pelaksanaan SKD digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto yang juga bertindak selaku Ketua Panitia Rekrutmen CPNS Kemendag 2021 kala membuka SKD di Pusdiklat Kemendag, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021).

“Tahun ini, Kemendag membuka 344 formasi CPNS. Formasi tersebut dialokasikan sebanyak 301 untuk umum, 7 penyandang disabilitas, 34 lulusan terbaik, serta 2 putra/putri Papua dan PapuaBarat,” kata Suhanto.

Disamping itu, sebanyak 26.954 orang telah melamar untuk menduduki formasi yang tersedia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18.607 pelamar dinyatakan Memenuhi Syarat Administrasi (MS) dan sisanya 8.347 pelamar dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat Administrasi (TMS).

"Adapun 11.764 pelamar mengikuti SKD CPNS mulai hari ini secara bertahap di Pusdiklat Kemendag di Depok, dan lainnya mengikuti SKD CPNS di sejumlah kota di Indonesia,” jelas Suhanto.

“Kami mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah melewati seleksi administrasi dan berharap peserta SKD dapat mengerjakan tes dengan baik dan sportif,” imbuh Suhanto.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertahap

Selain di Pusdiklat Kemendag, tes SKD juga digelar bertahap di kantor regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) di beberapa kota, yaitu Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, dan Banjarmasin pada 10 September—17 Oktober 2021. Hal itu telah diuraikan di Pengumuman No 5/SJ-DAG/PENG/09/2021 tentang Jadwal Pertama SKD CPNS Kementerian Perdagangan Tahun Anggaran 2021.

Peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas akan menempuh tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). "Secara keseluruhan, diperkirakan peserta yang akan dinyatakan lolos ketahapan SKB sebanyak tiga kali formasi atau 1.032 peserta,” kata Suhanto.

Nilai hasil SKD di titik lokasi Pusdiklat Perdagangan Depok dapat dilihat secara langsung di tautan https://youtu.be/0uJqsjvvB9c. Adapun informasi yang terkait seleksi CPNS Kemendag TA 2021 akandiumumkan secara resmi melalui situs web https://rekrutmen.kemendag.go. id dan akun Twitter@cpnskemendag21.

Diakhir Suhanto juga mengingatkan peserta SKD untuk mematuhi protokol kesehatan selama dan seusai tes. Peserta diharapkan tidak berkerumun usai SKD dan dapat langsung kembali ke kediaman masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.