Sukses

Kabupaten Cianjur Digadang-gadang Bakal Jadi Penghasil Udang Vaname

Kecamatan Cidaun, serta wilayah lainnya di Kabupaten Cianjur memiliki potensi menjadi daerah penghasil udang vaname.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, Ikhsan Kamil mengatakan kecamatan Cidaun, serta wilayah lainnya di Kabupaten Cianjur memiliki potensi menjadi daerah penghasil udang vaname.

Hal ini didukung ketersediaan lahan dan juga kondisi alam yang cocok untuk aktivitas budidaya tambak udang.

“BLUPPB Karawang berkomitmen penuh untuk bersinergi, baik itu dengan pemerintah daerah, penyuluh, tenaga ahli, maupun akademisi bersama sama mendampingi dan memberikan pembinaan baik teknis maupun manajerial agar bisa berproduksi secara maksimal dan memanfaatkan bantuan yang diberikan secara optimal dan berkelanjutan,” papar Kepala Balai yang biasa dipanggil Emil, dalam keterangan resmi, Kamis (23/9/2021).

Ia mengatakan bahwa poin pentingnya ada pada aspek berkelanjutan serta bergantung pada standar operasional atau SOP yang telah disampaikan BLUPPB Karawang selama mengawal dan membina masyarakat LMDH Mandiri Cidaun.

“BLUPPB Karawang siap untuk selalu hadir dalam mendampingi dan membina masyarakat LMDH Mandiri dan juga transfer teknologi serta terkait manajeman teknologi apabila masyarakat LMDH Mandiri menemui kendala dalam mengembangkan usaha budidaya tambak udangnya”, ujar Emil.

Ia berpesan Teknologi budidaya tambak udang mutlak harus diterapkan seperti penggunaan benur udang yang Specific Pathogen Free (SPF), pemberian pakan udang yang bermutu dan tepat serta penerapan biosecurity yang ketat serta ketersediaan IPAL yang efektif.

“Selain itu juga dilakukan panen parsial. Kami sangat apresiasi kepada LMDH Mandiri di Cidaun yang telah berhasil mandiri melanjutkan usaha budidaya tambak udang siklus kedua, dan bisa panen parsial pertama dengan size sesuai yang ditargetkan yakni size 80,” imbuh Emil.

Lebih lanjut, Ia menambahkan keberhasilan LMDH Mandiri dalam usaha budidaya udang vaname juga terlihat dengan adanya masyarakat lainnya yang sekarang ini terjun dalam usaha budidaya udang vaname.

“Masyarakat LMDH Mandiri lainnya saat ini mulai menekuni budidaya udang vaname dengan mencoba melalui kolam bundar, meskipun ukurannya kecil dan padat tebarnya sedikit yang penting produktif dan kontinu serta semangatnya yang luar biasa untuk mau memulai menekuni usaha budidaya tambak udang. Dan ini tentunya menjadi usaha baru bagi masyarakat Cidaun di tengah pandemi Covid-19,” jelas Emil.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendapatan Naik

Sementara itu, Ahmad Hidayat selaku penanggung jawab klaster tambak udang di Cidaun, mengungkapkan rasa syukur karena pendapatan mereka saat ini bisa meningkat sekitar kurang lebih Rp 2 juta per bulan mereka bisa menikmati, yang sebelumnya pendapatannya hanya Rp 800 ribu per tahun. Harapannya dengan hasil yang diperoleh ada masyarakat lain yang terus bisa ikut berbudidaya udang. 

“Banyak masyarakat sekitar saat ini mendaftar untuk ikut bersama budidaya udang vaname dan mulai tertarik budidaya udang vaname,” ungkap Ahmad.

Ia meyakini karena masyarakat melihat dengan apa yang sudah  dihasilkan.  Sejauh ini, Ahmad mengatakan kelompok memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah, dari berhasil siklus pertama, tidak berlama-lama langsung lanjut ke siklus kedua, dengan pekerja 100 persen masyarakat lokal.

“Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Ini juga berkat bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang selalu hadir mendukung kami sampai ke tahap penjualan. Sehingga aset kami selalu aman, dan udang produksi kami tidak pernah berhenti permintaan pasarnya,” ujar Ahmad.

Untuk hasil Ahmad mengungkapkan panen parsial pertama pada siklus kedua ini, diambil sekitar kurang lebih 5 ton, yaitu dari petak 1 hingga petak 7 diambil sekitar 300 kg per petak dan petak 8 hingga petak 15 diambil sekitar 400 kg, dengan size 80.

“Alhamdulillah kami bisa berhasil, berat rata-rata udang yang kami peroleh pada siklus kedua ini bisa lebih 10 gram dibandingkan pada siklus pertama dengan masa pemeliharaan yang sama,” ungkapnya.

Ia mengatakan, yang diusahakannya di LMDH Cidaun tak terlepas dari pendampingan yang dilakukan BLUPPB Karawang.

“Karena awalnya, kami tidak tahu apa-apa tentang budidaya udang vaname. Tapi setelah ada pendampingan diberikan informasi dan dikasih teknologinya, Alhamdulillah kami bisa berhasil seperti saat ini. Meskipun kami sudah mandiri, tapi BLUPPB Karawang tetap selalu mengirimkan timnya apabila kami ada masalah. Alhamdulillah udang kami sampai dengan saat ini tidak ada kematian dan dari awal kami budidaya udang, tidak ada yang terinfeksi virus,” pungkas Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.