Sukses

Kartu Prakerja Gelombang 22 akan Dibuka? Simak Lagi Manfaat Program Ini

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat masih menantikan jika Kartu Prakerja Gelombang 22 akan kembali dibuka pemerintah. Sebab dikabarkan jika seleksi Kartu Prakerja gelombang 21 yang telah diumumkan dikabarkan menjadi yang terakhir pada tahun ini.

Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengakui jika Kartu Prakerja Gelombang 21 merupakan yang terakhir mengacu alokasi budget semester II 2021 sebesar Rp 21,2 triliun.

Kendati begitu, dikatakan jika manajemen pelaksana kartu prakerja masih terus memantau kepesertaan yang dicabut dari pendaftaran di gelombang 18-21.

"Nanti total kepesertaan yang dicabut akan dipulihkan dalam gelombang tambahan. Kapan gelombang tambahan itu dibuka akan ditentukan kemudian," ujar Louisa, Rabu (22/9/2021).

Namun dia tidak memastikan waktu pembukaan gelombang berikutnya. "Yang pasti tidak dalam waktu dekat, karena peserta gelombang 21 masih memiliki 30 hari dari hari ini untuk membeli pelatihan pertama," ungkapnya.

Insentif yang diberikan kepada peserta kartu prakerja cukup besar di tengah pandemi COVID-19. Tak heran, jumlah pendaftar tiap gelombang sangat banyak. Pendaftaran kartu prakerja dilakukan melalui portal prakerja.go.id

Program Kartu Prakerja diperuntukan bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK akibat pandemi COVID-19.

Semua warga Indonesia yang berusia di atas 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, bisa mendapatkan kartu Prakerja.

Perlu diketahui manfaat dari program Kartu Prakerja sebelum Anda mendaftarkan diri. Berikut manfaat Kartu Prakerja, seperti dikutip dari prakerja.go.id.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kartu Prakerja

Tujuan program Kartu Prakerja untuk memberikan keterampilan yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha. Dengan demikian, banyak manfaat yang bisa diperoleh Anda dalam Kartu Prakerja.

Manfaat kartu prakerja yaitu:

1. Setiap peserta akan mendapatkan bantuan sebesar Rp.3.550.000. Bantuan ini akan didapatkan melalui 3 tahap, yang terdiri dari :

  • Biaya pelatihan sebesar Rp.1.000.000
  • Insentif pasca pelatihan sebesar Rp.600.000 per bulan selama 4 bulan
  • Insentif survei kebekerjaan dengan total Rp.150.000

2. Setiap peserta hanya bisa mendapat manfaat kartu prakerja sekali seumur hidup

 

Penulis : Alicia Salsabila

 

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Daftar Bansos 2021, Dari Kartu Sembako Hingga Prakerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.